Kanal

PGRI Undang Guru YouTuber Latih Pembuatan Video

PEKANBARU - Guna meningkatkan kemampuan para guru dalam membuat video pembelajaran jarak jauh, PGRI Riau melatih guru selama tiga hari dengan menghadirkan guru YouTuber di gedung guru HM Rusli Zainal, Kota Pekanbaru, Senin-Rabu, (19-21/4/2021)

Guru tersebut Amelia Madonna, guru SDN 15 Pekanbaru, Riau yang juga fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation.

Ketua PGRI Riau Dr Muhammad Syafi'i didampingi ketua APKS PGRI Provinsi Riau Syarifah Nurlela mengatakan, pelatihan tersebut untuk membekali guru menyiapkan video pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa saat belajar dari rumah.

"Belajar dari rumah harus dikemas dengan menyenangkan. Melalui pembuatan video, guru bisa menghadirkan pembelajaran yang membuat siswa lebih termotivasi dalam belajar," kata Syafi'i belum lama ini.

Amelia dikenal sebagai guru YouTuber yang aktif membuat video-video pembelajaran untuk siswanya belajar dari rumah. Video yang dibuatnya diunggah di YouTube dan ternyata disukai banyak siswa dan guru. 

Sudah lebih dari dua juta viewer video di akun YouTube Amelia. Bahkan dia juga mendapatkan penghasilan tambahan dari kreativitasnya ini.

"Saya menularkan kemampuan kepada guru-guru cara membuat video pembelajaran yang mendorong keaktifan siswa. Alat syutingnya menggunakan HP, aplikasi Zoom, dan diedit menggunakan aplikasi  resmi, gratis, dan tanpa watermark bernama VlogNow atau VN," jelas Amelia.

Peserta juga dilatih cara membuat thumbnail atau sampul video di YouTube, mengunduh video animasi dan gambar pixabay, membuat template YouTube.

“Selama tiga hari mengikuti pelatihan, para guru bersemangat menerapkan hasil pelatihan dengan membuat video. Semoga dapat membantu siswa yang masih harus belajar dari rumah," kata Amelia.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER