Kanal

Tips Hemat Listrik Rumah Tangga

Penggunaan listrik selalu masuk dalam biaya rumah tangga bulanan karena segala aktivitas seperti mencuci, memasak, dan membersihkan debu pasti memakai tenaga listrik. Untuk itu anda perlu tahu cara menghemat listrik dalam rumah tangga.

Kebutuhan listrik yang makin besar namun tak diimbangi peralihan energi berpengaruh buruk pada lingkungan. Tanpa kita sadari aliran listrik tetap menyala walaupun kita tidak sedang menggunakan alat elektronik tersebut. Misalnya ketika kabel tetap menancap pada stop kontak Untuk menghindari hal-hal tersebut. Menghindari tagihan listrik membengkak, berikut tips cara menghemat listrik dilansir dari suara.com, Rabu (19/5/2021).

1. Menggunakan Listrik Prabayar
Cara menghemat listrik yang terbukti efektif adalah dengan menggunakan sistem listrik prabayar. Dengan sisitem prabayar, penggunaan listrik di rumah bisa direncanakan di depan.

Penggunaan listrik dengan sistem pulsa secara tidak langsung memaksa pengguna agar lebih bijak dan menghemat pemakaian listrik di rumah.

2. Menghemat Pemakaian Lampu
Kebiasaan menyalakan lampu ketika akan pergi bisa membuat tagihan listrikmu membengkak. Di samping itu, sudahi kebiasaan menyalakan lampu pada siang hari dan jika memungkinkan buat desain rumah dengan jendela yang memungkinkan sinar matahari masuk. Lampu rumah juga bisa diganti dengan lampu hemat energi.

3. Jangan Biarkan Alat Elektronik Menyala Saat Tidak Digunakan Kebiasaan membiarkan televisi tetap menyala ketika tidak ditonton membuat penggunaan listrikmu lebih tinggi dari yang dibutuhkan. 

Walaupun kebiasaan tersebut tidak begitu berpengaruh pada penggunaan listrik secara signifikan, namun jika sering dilakukan ternyata cukup membuat tagihan meningkat.

4. Atur Penggunaan Alat Elektronik dengan Daya Besar

Alat elektronik dengan daya besar seperti pembersih debu dan AC memang tak bisa dihindari dari kebutuhan. Namun jika kamu ingin menghemat listrik, atur penggunaannya dengan bijaksana.

Gunakan alat-alat elektronik tersebut sesuai jadwal harian atau mingguan secara disiplin, serta jangan menyalakan alat elektronik sepanjang hari.

5. Buat Kesepakatan Bersama Seluruh Anggota Keluarga

Upaya pribadi untuk menghemat listrik tidak akan berdampak signifikan apabila tidak diimbangi dengan komitmen bersama. Untuk itu perlu dibuat kesepakatan bersama seluruh anggota keluarga mengenai batasan pemakaian listrik di rumah.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER