Kanal

Bupati Siak Dapat Penghargaan Kearsipan Nasional

Wakil Bupati (Wabub) Siak Husni Merza menerima Penghargaan Komitmen Bidang Kearsipan Kepada Pimpinan Daerah di lingkungan Provinsi Riau yang diserahkan secara langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo pada peringatan Hari Kearsipan Nasional ke-51 2022 belum lama ini di Pekanbaru.

Kegiatan tersebut mengusung tema ‘Sinergi Kearsipan untuk Kemajuan Bangsa' Tertib Arsip, Transformasi Digital Arsip, Memori Kolektif Bangsa.

Wabup Husni mengatakan, ia hadir dalam acara ini mewakili Bupati Siak Alfedri untuk menerima penghargaan dari Arsip Nasional. "Hari ini kami mewakili pak Bupati Alfedri untuk menerima penghargaan dari Arsip Nasional. Beliau ada kegiatan di luar kota," kata Husni.

Ia menyebut, ini sebuah tonggak atau pemicu bagaimana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk terus berupaya mendokumentasikan situs sejarah. Kedepan bagaimana arsip kerajaan Siak ini dapat dilestarikan, diarsipkan sehingga anak cucu dapat mengetahui situs-situs sejarah.

"Kami juga dapat arahan dari pak Menteri bahwa kita harus mempunyai arsip Pemerintah Kabupaten memiliki arsip kepemimpinan daerahnya," sebutnya.

Husni berharap, nantinya Pemkab memiliki arsip pemerintahan dari awal menjadi Otonomi Daerah pemekaran Bupati pertama T Rafian, Arwin, Syamsuar hingga masa jabatan Alfedri sekarang ini serta wakil wakilnya.

"Jadi nanti saya sarankan kepada dinas terkait untuk menyediakan ruang arsip untuk Bupati pertama hingga Bupati yang menjabat saat ini. Siapa saja mereka apa sejarah yang telah dilakukan dimasa kepemimpinan mereka untuk Kabupaten Siak," sebutnya.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER