Kanal

Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games

Seluruh rangkaian pertandingan ASEAN Para Games XI 2022 telah berakhir. Indonesia dipastikan keluar sebagai juara umum dengan perolehan 171 emas, 138 perak dan 110 perunggu.

"Dengan berani saya katakan Indonesia telah menjadi juara umum ASEAN Paragames Solo 2022 di Indonesia," kata Chief de Mission ASEAN Para Games XI Andi Herman dilansir dari detik.com, Minggu (7/8/2022).

Dilihat dalam website resmi ASEAN Paragames Solo 2022, www.apg2022.com, Sabtu (6/8/2022) pukul 08.00 WIB, perolehan medali Indonesia telah menyentuh 171 emas, 138 perak, dan 110 perunggu.

Menyusul kemudian Thailand dengan perolehan 113 emas, 113 perak dan 86 perunggu. Di peringkat ketiga yakni Vietnam dengan perolehan 63 emas, 58 perak, 54 perunggu.

Tambahan emas pada hari terakhir kemarin, disumbang dari ajang para renang, para atletik, tenis kursi roda, para catur, para panahan, para badminton, dan para angkat berat.

Sekjen Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc) Rima Ferdianto melihat fakta menarik dalam pergelaran ASEAN Para Games selama ini.

"Fakta menariknya adalah, di lima ASEAN Paragames terakhir yang namanya tuan rumah tidak pernah juara umum. Baru kali ini tuan rumah menjadi juara umum. Kita mematahkan mitos tersebut," kata Rima.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengapresiasi perjuangan para atlet. Dia menyebut perolehan medali Indonesia jauh di atas target.

"Dari awal kita sudah menyampaikan target juara umum dengan target 104 medali emas, sekarang kita sudah lebih. Semua cabor kita perlakukan sama, para badminton, basket, tenis meja, dan lain-lain sama semua. Saya kira itu hasil luar biasa," sebutnya.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER