Kanal

Dandim Bengkalis dan Wabup Tanam Mangrove Atasi Abrasi

Bengkalis - Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis Bagus Santoso mengikuti Puncak Penanaman Mangrove Nasional serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wakil Bupati didampingi Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto menanam mangrove dibibir pantai lokasi Mangrove Education Center, Desa Pangkalan Jambi, Kecamatan Bukit Batu, Senin (15/5/2023).

Wabup Bagus Santoso mengungkapkan, keberadaan mangrove sama pentingnya dengan kekuatan TNI Polri, jika TNI Polri benteng NKRI maka mangrove bentengnya kedaulatan Indonesia.

“Kita punya 132 km wilayah yang kritis terhadap abrasi, untuk itu kami Pemkab Bengkalis mengucapkan terima kasih kepada TNI, semoga mangrove ini jadi bentang agar kedaulatan tidak runtuh.
Sejatinya karena abrasi kita takut semua terjun ke laut. Kita terus berupaya bagaimana benteng kehidupan ini tetap terjaga tentunya dengan menanam mangrove kedaulatan selamat, dan kita semua hidup sehat," kata Wabup.

Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto mengatakan, penanaman ini bertujuan untuk mencegah abrasi, luas area yang ditanam seluas 3 hektar dan 5000 bibit mangrove.

“Hari ini kita bersinergi dengan TNI Polri, Pemda dan komponen masyarakat untuk menanam mangrove, sebenarnya penanaman dimulai beberapa hari lalu, total bibit yang ditanam sebanyak 5000 bibit ditanam dibibir pantai seluas 3 hektar,” kata Dandim.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER