Kanal

Dispora Riau Harap Kehadiran IBA MMA jadi Olahraga Industri

PEKANBARU - Belum lama ini Pengurus Provinsi (Pengprov) Indonesia Beladiri Amatir Mixed Martial Arts (IBA-MMA) Riau mengunjungi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau. Sebelumnya pengurus cabang olahraga (cabor) ini telah silaturahmi ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau.

"Sebelumnya kita sudah mengunjungi KONI Riau," kata Ketua Pengprov IBA MMA Riau Anis Murzil ST.

Ia mengatakan, sebagai olahraga baru di Riau dan Indonesia, IBA MMA harus menyampaikan laporan tentang kehadirannya, sekaligus meminta petunjuk dan arahan dari Kepala Dispora Riau.

"Kita juga banyak mendapatkan arahan dari Kadispora," sebutnya.

Dikatakan Anis, Kadispora mendukung penuh terbentuknya IBA MMA Riau. Selain itu Dispora juga berharap olahraga prestasi, ini menjadi olahraga industri yang bisa mendatangkan rezeki baik bagi atlet, pelatih, pengurus dan masyarakat.

"Ini tentunya akan kita kelola dengan baik," sebutnya.

Pada saat tersebut tambah Anis, Kadispora Riau menyampaikan bahwa cabor ini bisa dijadikan cabor eksibisi di Porprov 2022.

Paska pertemuan ini, pihaknya akan bersiap untuk mendaftarkan diri ke KONI Riau. "Insyaallah pada 2021 mendatang kita akan usul untuk dibahas di Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Riau," sebutnya.

Untuk pengembangan cabor, pihaknya telah memberikan mandat kepada masing-masing Kabupaten/Kota guna melakukan pembentukan pengurus.

"Kita beri waktu 21 hari sejak disampaikan mandat tersebut tiga hari lalu. Sekitar 15 hari kedepan kita sudah mendapatkan pengurus di 12 Kabipaten/Kota, dan ini menjadi syarat yang harus dipenuhi ketika kita mendaftarkan diri ke KONI Riau," sebutnya.

Sementara Kadispora Riau Boby Rachmat mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya cabor baru yang menggabungkan beberapa cabor beladiri.

"Kita melihat dari potensinya memang sangat berpotensi untuk memberikan hiburan ke masyarakat, dan juga ada prestasi di cabor ini," sebutnya.

Boby mengatakan, dengan bertambahnya cabor ini semakin menambah kekayaan olahraga yang ada di Riau. "Jadi IBA MMA selain sebagai prestasi juga ada entertainnya karena memang punya khas sendiri," sebutnya.

Karena kondisi saat ini masih wabah Covid-19 diharapkan IBA MMA tetap melakukan latihan secara mandiri. "Intinya, kalau memang wabah Covid-19 segera mereda kita akan coba sinergikan program yang ada di Dispora dengan IBA MMA," tutupnya.*

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER