Kanal

Disdukcapil Evaluasi Program 'Dukcapil Weekend MANTAP'

PEKANBARU - Program Dukcapil Weekend MANTAP' atau Layanan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik bagi pemula di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru yang direncanakan berlangsung Sabtu dan Minggu hingga Desember 2020 dihentikan Minggu (8/11/2020).

Pasalnya pihak Disdukcapil akan mengevaluasi terkait teknis layanan setelah melihat hari pertama Sabtu (7/11/2020), warga membludak di halaman kantor, tanpa menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan ratusan warga datang sejak subuh.

"Kami evaluasi dulu. Teknis pelaksanaan kedepan akan kita rubah," kata Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita, Minggu (8/11/2020).

Ia mengatakan, Dukcapil membuka layanan perekaman KTP elektronik bagi pemula, dan pencetakan KTP elektronik yang rusak dan hilang setiap hari Sabtu dan Minggu.

Namun, pada hari libur pertama layanan dibuka, masyarakat yang datang tidak hanya mengurus layanan tersebut, ada yang ingin mengurus layanan administrasi kependudukan (adminduk) lain.

Hal ini penyebab membludaknya jumlah masyarakat yang datang ke kantor Disdukcapil di Komplek Perkantoran Mal Pelayanan Publik (MPP) Jalan Jenderal Sudirman.

"Karena berdasarkan hasil penelusuran kami, banyak yang datang ke Dukcapil bukan hanya berurusan rekam KTP rusak dan hilang, tapi banyak datang untuk urus dokumen kependudukan lainnya," terangnya.

Ikuti Terus JurnalPekan

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER