Honda Akan Panggil Dovizioso Gantikan Marquez Jelang Tes MotoGP

Kamis, 28 Januari 2021

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (depan) bersaing dengan rivalnya dari Ducati, Andrea Dovizioso dalam sebuah balapan MotoGP (AFP)

Qatar akan menjadi tuan rumah pembukaan MotoGP 2021, yang rencana digelar waktu dekat. Beberapa tim mulai mencari strategi untuk bisa bersaing dan meraih gelar juara.

Namun, tim Repsol Honda dibikin kebingungan lantaran cedera Marc Marquez yang tak kunjung mendapat kabar baik.

Honda pun mulai berpikir untuk mencari pengganti sementara Marc Marquez hingga sembuh. Nama Andrea Dovizioso sering dikait-kaitkan beberapa hari terakhir. Hal ini pun membuat manajer pribadi Andrea Dovizioso, Simone Battistella, buka suara terkait hal tersebut.

Battistella mengaku sampai saat ini belum ada kepastian dari Repsol Honda, dan Februari akan jadi momen krusial untuk ambil keputusan.

Namun, ia menyebut Dovizioso mau-mau saja jika diminta menjajal RC213V lebih dulu di tes pramusim MotoGP 2021 di Qatar, 6-7 dan 10-12 Maret sebagai masa percobaan dan evaluasi.

"Kalau dipikir-pikir, jika panggilan itu dilakukan demi mengenal satu sama lain dan memahami reaksi Andrea di atas motor, saya bisa katakan oke," kata Battistella dikutip dari Corsedimoto.

"Motor pemenang dan pembalap yang selalu tampil kuat di Qatar. Ini kombinasi yang akan menarik baik bagi fans maupun yang bukan fans," ujar Battistella.

Namun ada pertanyaan yang membuat manajer Dovi ragu, yakni bagaimana jika Marc Marquez sudah pulih dari cedera.

"Jujur, saya tak yakin Honda akan membiarkan Dovizioso memulai musim, lalu melepasnya pada tengah atau menjelang akhir musim,"

"Tapi kans memulai musim sebagai tandem Pol Espargaro dan lalu menambahkan motor ketiga saat Marc kembali jelas tidak mungkin, karena Carmelo sudah menentangnya," ujar Battistella.

"Tunggu saja nanti, sementara Andrea dengan tenang bekerja dalam keseriusan dan komitmen yang sudah ia pegang teguh," imbuhnya.