Samsung Tak Lagi Lengkapi Charger di Produk Baru

Ahad, 31 Januari 2021

Samsung Galaxy S21 Ultra (ist)

Samsung tidak lagi menyertakan charger saat menjual ponsel. Kebijakan itu mulai diterapkan saat Galaxy S21 meluncur belum lama ini tanpa charger dalam kemasan.

Seperti dilansir The Verge, keputusan Samsung itu diambil karena alasan kelestarian lingkungan, yakni untuk mengurangi sampah elektronik dan membiasakan perilaku ramah lingkungan pada masyarakat.

"Kami menyaksikan semakin banyak pengguna Galaxy yang menggunakan kembali aksesoris dari ponsel lama dan mengambil pilihan-pilihan ramah lingkunga dalam hidup sehari-hari mereka. Untuk mendukung komunitas Galaxy ini, kami memutuskan untuk meniadakan charger dan earphone pada ponsel terbaru kami," kata Samsung saat meluncurkan Galaxy S21 dilansir dari suara.com, Minggu (31/1/2021).

Samsung yakin dengan perlahan-lahan menghilangkan charger dan earphone dari kemasan ponsel, bisa membantu mengatasi masalah konsumsi yang tak ramah lingkungan.

Sejak 2017, Samsung hanya menggunakan USB-C dan karenanya yakin para konsumen tak akan kesulitan jika membeli Samsung Galaxy terbaru tanpa charger.

Sebelumnya, Apple juga sudah menghilangkan charger dari kemasan ponselnya saat meluncurkan iPhone 12 pada akhir 2020. Ketika itu, Samsung sempat melempar sindiran atas kebijakan Apple.*