Berikut Cara Mudah Naik Berat Badan

Selasa, 09 Februari 2021

Ilustrasi timbangan berat badan (ist)

Ada yang ingin menurunkan berat badan, tapi ada juga yang ingin menaikkan berat badan. Untuk kasus kedua, hal itu biasanya terjadi karena ingin memiliki tubuh yang lebih berisi dengan cara makan lebih banyak.

Dikatakan oleh Konsultan Gizi Royal Sport Performance Center Senayan City dr Rita Ramayulis, masalah berat badan tak kunjung naik biasanya terjadi akibat sistem metabolisme dalam tubuh.

Orang-orang ini biasanya memiliki organ yang memanfaatkan energi secara tinggi, hingga menyebabkan sistem metabolisme pada tubuhnya ikut tinggi.

Orang yang memiliki metabolisme tinggi biasanya sudah mengonsumsi makanan yang cukup banyak, tetapi berat badan tetap sulit naik. Hal ini karena tubuh membakar kalori lebih banyak.

Gejala seseorang yang memiliki metabolisme tinggi dapat dilihat dari tangan orang tersebut yang akan bergerak sendiri saat diluruskan.

Rita menambahkan, orang dengan metabolisme tinggi juga dapat dilihat dari otot yang dimilikinya. Biasanya, seseorang yang memiliki massa otot yang banyak dan komponen tulang yang besar, memiliki sistem metabolisme yang tinggi.

“Hal ini juga dapat terlihat dari massa ototnya sama komponen tulangnya besar, biasanya dia memiliki metabolisme yang tinggi," katanya dilansir suara.com, Selasa (9/2/2021).

Ia menyebut, untuk orang-orang yang memiliki metabolisme tinggi biasanya memiliki keinginan untuk menaikan berat badan. Rupanya, hal ini dapat diwujudkan dengan berbagai hal, diantaranya:

Olahraga

Berolahraga akan membantu mengatur sistem metabolisme menjadi normal. Hal ini sangat berguna karena orang sulit gemuk, biasanya dia memiliki metabolisme yang cukup tinggi sehingga makanan yang dikonsumsi cepat untuk dicerna dan tidak berpengaruh kepada massa tubuh.

Banyak memakan protein dibanding karbohidrat dan lemak

Memakan protein yang banyak akan meningkatkan massa tubuh lebih baik. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi protein seperti susu, tempe, telur, dan lain-lain akan membantu untuk menaikkan berat badan.

Membangun massa otot

Membangun massa otot juga membantu untuk menaikkan berat badan terhadap orang yang memiliki sistem metabolisme yang tinggi.

Hal ini juga membantu menaikkan berat badan bukan dari lemak pada tubuh, tetapi massa ototnya. Dengan membangun massa otot akan membuat tubuh orang tersebut menjadi lebih proporsional dan ideal.*