Tujuh Efek Baik Pada Tubuh Konsumsi Biji Labu

Kamis, 11 Februari 2021

Ilustrasi labu kuning (int)

Pepitas atau biji labu bisa berfungsi sebagai pembangkit nutrisi. Karena, biji labu kaya magnesium, zat besi dan serat yang membuatnya cocok sebagai cemilan sehat.

The American Heart Association merekomendasikan semua orang untuk mengonsumsi seperempat cangkir atau 30 gram biji labu setiap hari. Bahkan biji labu ini bisa dimasukkan ke dalam makanan diet sehat.

Adapun manfaat konsumsi biji labu secara rutin bagi kesehatan seperti dilansir dari Times of India, antara lain:

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Biji labu memiliki lemak sehat, serat dan antioksidan baik untuk kesehatan jantung. Biji kecil ini juga memiliki asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Magnesium dalam bijinya juga membantu meningkatkan tekanan darah.

2. Tidur lebih nyenyak
Biji labu mengandung serotonin, zat kimia saraf yang berinteraksi sebagai obat tidur alami. Selain itu, biji labu juga kaya triptofan, asam amino yang diubah menjadi serotonin dalam tubuh untuk meningkatkan kualitas tidur.

3. Anti-inflamasi
Biji labu memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi nyeri artritis. Karena, bijinya bekerja sebagai obat rumahan yang bisa mengobati nyeri sendi.

4. Meningkatkan kekebalan
Karena biji labu bisa membantu dan memperbaiki kesehatan, makanan ini juga akan membantu meningkatkan kekebalan Anda agar tidak mudah sakit.

5. Menjaga kesehatan prostat
Sesuai penelitian, zinc dalam biji labu membantu meningkatkan kesuburan pria dan mencegah masalah yang berkaitan dengan prostat. Biji labu memiliki DHEA (Di-hydro epi-androstenedione) yang menurunkan risiko seseorang terkena kanker prostat.

6. Menurunkan berat badan
Biji labu kecil yang kaya nutrisi ini membantu Anda kenyang lebih lama. Karena, bijinya tinggi serat, sehingga Anda akan kenyang lebih lama dan tidak makan berlebihan. Pada akhirnya, makanan ini membantu menurunkan berat badan

7. Baik untuk penderita diabetes
Biji labu bisa membantu mengontrol kadar gula darah dengan mengurangi stres oksidatif. Biji labu kaya protein yang bisa dicerna dan menstabilkan kadar gula darah.*