Honda Ajak 70 Murid SMK di Rambah Cari Aman Lewat Webinar

Rabu, 17 Februari 2021

Tangkap layar Instruktur safety riding saat menyampaikan lingkungan menjadi salah satu penyebab kecelakaan.

PEKANBARU - Guna memperkuat kampanye keselamatan dalam berkendara serta memenuhi komitmen Honda memberikan edukasi Safety Riding kepada masyarakat ditengah pandemi, PT Astra Honda Motor (AHM) bersama PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Riau web seminar (Webinar) safety riding.

Mengusung tema “#Cari_Aman dulu baru cari kasih sayang”, Webinar diikuti 70 peserta dari SMK Negeri 1 Rambah, Pasir Pangaraian Rokan Hulu (Rohul) belum lama ini.

Sebelum penyampaian materi para peserta diarahkan untuk ujian pre test online seputar keselamatan berkendara, alhasil masih banyak para peserta yang salah menjawab. Artinya, pengetahuan peserta tentang keselamatan berkendara masih kurang.

Sales Manager PT Capella Dinamik Nusantara Main Dealer Honda wilayah Riau 
Jonny Winata mengatakan, edukasi Safety Riding melalui webinar terus dilakukan.

"Harapan kami edukasi secara daring bermanfaat dan lebih efektif dijalankan pada kondisi pandemi, dan dapat menjadi bekal saat berkendara di jalan raya," kata Jonny.

Instruktur Safety Riding PT Capella Dinamik Nusantara Riau Arif Rahman Hakim menyampaikan, pentingnya kesadaran teknik dasar saat berkendara, serta Cari_aman, postur berkendara yang baik dan benar dan teknik pengereman, serta teknik menikung.

Perlengkapan berkendara yang dipakai juga salah satu faktor penentu untuk mencegah terjadinya kecelakaan karena 14-39 tahun adalah usia produktif terjadinya kecelakaan, dan yang paling mirisnya 90 persen kecelakan terjadi karena faktor manusia.

"Kita sudah harus bisa mengenali dan mempelajari teknik yang tepat sejak dini agar aman dan nyaman dalam berkendara. Pastikan kondisi badan dalam keadaan sehat dan segar sebelum berkendara, periksa kondisi kendaraan, pakailah helm standard dan jaket serta masker, patuhi rambu lalulintas dan terakhir jangan lupa persiapkan SIM dan STNK," kata Arif.

Kegiatan berjalan sangat interaktif dengan antusias dan semangat para peserta. Diakhir acara peserta diarahkan untuk mengikuti post test online dengan hasil sangat memuaskan. Dari total pertanyaan yang disajikan hampir 88 persen bisa menjawab benar.

"Materi yang disajikan menarik serta menambah minat saya untuk aman berkendara," kata Winda Sari salah satu peserta webinar.

Ia berharap, kedepan pihaknya bisa mendapatkan ilmu lebih tentang safety riding dan menunggu kesempatan jika mendapat undangan training skill untuk upgrade ilmu yang didapat.

"Saya sangat bersyukur menjadi peringkat 1 di sesi post test saat dalam webinar ini," tutup Arif.

Sementara, Kepala SMK Negeri 1 Rambah Idris Lika SSi mengucapkan  terimakasih kepada PT CDN Riau yang telah memberi kesempatan SMKN 1 Rambah menjadi salah satu sekolah yang mendapat edukasi safety riding.

"Kegiatan ini memberikan motivasi dan dorongan kepada murid kami bahwa betapa pentingnya ilmu keselamatan berkendara," kata Idris

Ia berharap, murid sekolahnya dapat menerapkan ilmu ke dalam kehidupan sehari-hari agar terciptanya zero Accident, walaupun metode yang disampaikan sangat berbeda dengan biasanya yaitu melalui online/webinar namun tetap disajikan menarik sehingga murid dengan mudah mengikutinya serta kelak dapat mengimplementasikan ilmunya.