BI Riau Pameran KKI di Mal SKA Hingga Akhir Maret

Rabu, 03 Maret 2021

Deputi Kepala Perwakilan BI RIau Bidang Perumusan dan Implementasi Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah Teguh Setiadi melihat produk di salah satu stan UMKM dalam pameran di MAL SKA Pekanbaru yang di

PEKANBARU - Bank Indonesia Perwakilan Riau melakukan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia bersama sedikitnya 50 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Mal SKA Pekanbaru hingga 31 Maret 2021 di mulai, Rabu (3/3/2021).

Deputi Kepala Perwakilan BI RIau Bidang Perumusan dan Implementasi Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah Teguh Setiadi mengatakan, pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) rutin digelar Bank Indonesia.

"Sebelum pandemi pihaknya melakukan satu kali dalam setahun, namun selama pandemi digelar secara virtual, tahun ini rencananya kita gelar tiga kali," kata Teguh.

Dikatakan, khusus tahun ini pihaknya mengangkat tema mendigitalkan UMKM untuk naik kelas dan lebih dikenal.

"Selain itu juga sebagai upaya untuk membantu UMKM melewati masa pandemi Covid-19," katanya.

Ia menyebut, untuk transaksi yang digunakan dalam kegiatan ini, seluruh UMKM sudah menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai alat transaksi elektronik.

"Hingga saat ini untuk adopsi QRIS menurut catatan kami terus tumbuh dan berkembang. Kami terus mendorong penggunaannya dari sisi penjualan, tapi nanti sambil berjalan akan kami lihat lagi," katanya.

Secara keseluruhan tambahnya, program QRIS yang diinisiasi oleh Bank Indonesia sejauh ini sudah berjalan di semua perbankan.

"Dengan demikian setiap transaksi secara elektronik sudah bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pembayaran jenis apapun," sebutnya.

Ketua Puan Asosiasi Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Fashion (Aspekraf) Riau Arni Ningsih mengatakan, sejauh ini UMKM tidak mengalami kendala dalam melakukan transaksi menggunakan QRIS.

"Justru jumlah transaksi semakin meningkat dengan QRIS. Belum lagi ada diskon-diskon. Kita yakin QRIS akan menjadi sarana utama meminimalisir transaksi tunai," tutupnya.