Bupati Siak Himbau Masyarakat Segera Lapor SPT Tahunan

Kamis, 11 Maret 2021

Ilustrasi lapor SPT (int)

PEKANBARU - Menyongsong batas penyampaian SPT Tahunan yang sudah semakin dekat, KPP Pratama Pangkalan Kerinci dan Pemerintah Kabupaten Siak menyelenggarakan Pekan Panutan penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi Tahun Pajak 2020 di Balairung Datuk Empat Suku, Komplek Perumahan Bupati Siak, Selasa (9/3/2021).

Turut hadir Kepala KPP Pratama pangkalan Kerinci, Anung Setia Nugraha Bupati Siak Drs H Alfedri MSi yang didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Siak dan 
Kepala KP2KP Siak Sri Indrapura, Jefrinaldi.

Pada kesempatan tersebut, Bupati dan 
Forkompinda melaksanakan pelaporan SPT Tahunan bersama secara elektronik melalui e-filling sebagai wujud kepedulian sekaligus ajakan kepada masyarakat agar segera melaporkan SPT Tahunan lebih awal.

Dalam sambutannya, Alfedri menegaskan bahwa pentingnya pajak bagi pembiayaan negara dan daerah dan mengapresiasi atas kerjasama selama ini dalam optimalisasi penerimaan pajak pusat/daerah serta mengajak seluruh masyarakat Siak agar menyampaikan SPT Tahunan sebelum tanggal 31 Maret 2021.

"Saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah memiliki NPWP agar melaporkan SPT Tahunan, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini lebih mudah menyampaikan SPT Tahunan secara online dari rumah," kata Alfedri.

Bupati juga mengingatkan bahwa pajak yang dibayarkan oleh masyarakat nantinya akan kembali ke daerah dan digunakan untuk pembangunan Kabupaten Siak.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh satker baik itu di tingkat OPD, Kecamatan dan Desa yang telah menyampaikan SPT Tahunan lebih awal, semoga hal ini bisa menjadi cerminan yang baik dan dapat ditiru oleh masyarakat," katanya.

Hal senada juga disampaikan Kepala KPP Pratama Pangkalan Kerinci, Anung Setia Nugraha, "Melalui kegiatan Pekan Panutan ini, tentunya diharapkan dapat menjadi pendorong sekaligus contoh bagi masyarakat siak agar segera menyampaikan SPT Tahunan lebih awal dan tidak usah kuatir pelaporan dapat dilakukan di manapun lewat online," kata Anung.

Dalam kesempatan itu, Anung juga menyambut baik sinergitas kedua belah pihak yang sudah berjalan dengan baik dengan berharap agar kesepakatan kerjasama (MoU) dapat diperpanjang untuk periode tahun 2021.

Upaya mendorong pelaporan SPT Tahunan 2020 lebih awal, KPP Pratama memberikan Apresiasi Khusus kepada para OPD, Kecamatan dan Desa/Kampung atas pencapaiannya dalam percepatan pengisian SPT Tahunan Pegawai ASN/Non ASN di lingkungan masing-masing dan juga kepada para bendahara yang telah menyelesaikan bukti potong pph karyawan (1721A1/A2) 100% hingga akhir Januari 2021. 

Predikat terbaik berhasil diperoleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siak (Kategori OPD Terbaik), Kecamatan Sabak Auh (kategori kecamatan Terbaik) Dan Kampung Perawang Barat (kategori Kampung Terbaik).

Akhir acara ditutup dengan penandatangan piagam dukungan pembangunan Zona Integritas menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi)/WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) di KPP Pratama Pangkalan Kerinci oleh Bupati Siak dan FORKOPIMDA Kabupaten Siak.

Anung berharap, semoga dengan terlaksananya acara ini dapat meningkatkan kesadaran dan antusiasme masyarakat khusunya Kabupaten Siak untuk melaporkan SPT Tahunan secara elektronik melalui efilling sehingga kemudahan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.(*)