Lewat Webinar, Capella Honda Edukasi Berkendara Pelajar SMK di Siak

Sabtu, 13 Maret 2021

Tangkap layar webinar, instruktur saat menampilkan teknis dasar pengereman

PEKANBARU - PT Astra Honda  Motor (AHM) melalui PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Riau terus menyampaikan edukasi keselamatan berkendara kepada masyarakat khususnya pelajar, untuk memperkuat kampanye keselamatan berkendara.

Kali ini, giliran 70 murid perwakilan dari berbagai jurusan di SMK Negeri 1 Mempura, Siak mendapat edukasi secara web seminar (Webinar) dengan tema "Kemanapun Perginya Selalu Cari_aman". Kegiatan ini yang ke lima kali dilaksanakan Tim Safety Riding PT CDN Riau pada 2021 ditingkat Senior Hih School. 

"Kita terus gencar kampanye Cari_Aman berkendara sebagai komitmen Honda dalam memberikan edukasi ilmu berkendara kepada masyarakat ditengah pandemi," kata Sales Manager PT CDN Riau Jonny Winata.

Ia berharap, dengan edukasi dalam jaringan (daring) tetap bermanfaat dan lebih efektif dijalankan pada kondisi pandemi ini serta bisa meningkatkan sikap Awerenes bagi para murid dan menjadi bekal saat mencapai usia 17 tahun terurama dalam hal keselamatan berkendara di jalan raya.

"Saya juga berharap murid dapat menjadi duta keselamatan bagi teman, ataupun keluarga," singkatnya.

Instruktur Safety Riding Capella Honda Riau Arif Rahman Hakim menyampaikan pentingnya Awarenes, teknik dasar saat berkendara, cari aman, postur berkendara yang baik dan benar serta teknik pengereman, teknik menikung dan perlengkapan berkendara yang dipakai juga faktor penentu mencegah terjadinya kecelakaan.

Konsep dasar menikung

"Karena 14-39 tahun usia produktif terjadinya kecelakaan. Mirisnya 90 persen kecelakan karena faktor manusianya dan kita harus bisa mengenali dan mempelajari teknik yang tepat sejak dini agar aman dan nyaman dalam berkendara," kata Arif dalam rilis, Sabtu (13/3/2021).

Ia menambahkan, untuk aman berkendara pastikan kondisi badan dalam keadaan sehat dan segar, periksa kondisi kendaraan siap untuk dipakai, pakailah helm standard, jaket serta masker, patuhi rambu lalulintas kemudian jangan lupa persiapkan SIM dan STNK.

Kepala Sekolah SMKN 1 Mempura Siak Hardiyanto SPd mengucapkan terimakasih kepada Tim Safety Riding Honda PT CDN dan PT AHM yang telah mempercayai SMKN 1 Mempura menjadi pilihan pada kegiatan safety riding edukasi secara online.

"Saya harap para murid yang mengikuti kegiatan ini mendapat wawasan tentang keselamatan berkendara di jalan raya, karena kita tahu selama ini banyak terjadi kecelakaan lalulintas pada anak-anak muda khususnya pelajar disebabkan ketidaktahuan serta kurang memahami tentang aturan lalulintas di jalan raya," kata Hardiyanto.

"Dengan kegiatan ini pelajar bisa mengetahui faktor dan sebab akibat terjadinya kecelakaan di jalan raya. Nantinya siswa dapat mempraktekkan ilmu ini dalam kehidupan sehari-hari dengan tujuan selamat di jalan," tambahnya.

Dalam webinar ini para peserta di wajibkan mengikuti ujian pre test online seputar keselamatan berkendara untuk menguji kopetensi murid SMKN 1 Mempura Siak.

Bagi peserta yang mendapat nilai tertinggi diberi hadiah voucher pulsa supaya menambah motivasi peserta sehingga kegiatan ini menjadi lebih efektif.

Salah satu pemenang post test, Riski Firman Fikri menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengetahui informasi, wawasan tentang keselamatan dalam berkendara.

"Ilmu ini akan saya sampaikan juga kepada teman-teman, tetangga serta keluarga di rumah, dengan harapan kedepan kami bisa mendapatkan ilmu lebih lagi tentang teknik, postur berkendara dan cara menikung, mengerem dalam sesi praktek," tutupnya.*