Tahu Jumlah dan Batas Ideal Teman

Jumat, 02 April 2021

Ilustrasi berteman (int)

Memperbanyak membangun jaringan atau memiliki teman mungkin lebih baik jika ingin sukses. Matematikawan Inggris dan profesor psikologi evolusi Universitas Oxford Robin Dunbar melaporkan bahwa kebanyakan manusia hanya mampu mempertahankan begitu banyak persahabatan sekaligus.

Selain batasan ideal untuk teman, Dunbar menemukan bahwa berbagai situasi sosial memiliki jumlah peserta yang berbeda secara optimal. Ia mengungkapkan penelitian lain tentang sifat persahabatan yang terukur dalam buku terbarunya, saat ini.

Mengenai "jumlah ajaib" teman yang dibutuhkan untuk sukses, Dunbar menulis dalam " “Friends: Understanding the Power of our Most Important Relationships," bahwa jumlahnya 150, termasuk kerabat sedarah.

Persahabatan yang ideal dan meningkat secara simultan ini sering disebut sebagai "angka Dunbar". “Dalam banyak hal,” Dunbar, 73, menjelaskan, keluarga hanyalah jenis teman yang spesial dan memainkan peran yang sama.”

Keluarga, bagaimanapun, umumnya diprioritaskan daripada yang bukan teman. "Pertama-tama kami memasukkan semua anggota keluarga kami dan kemudian, jika kami memiliki slot tersisa, kami mulai mengisinya dengan teman yang tidak terkait," tulisnya.

“Tampaknya teman dalam pengertian ini adalah fenomena yang relatif baru, dan merupakan konsekuensi dari pengurangan dramatis dalam jumlah keluarga yang terjadi selama dua abad terakhir, terutama di Eropa dan Amerika Utara.” 

Dari 150 teman tersebut, ada berbagai tingkatan kualitas pertemanan. Kebanyakan orang memiliki lima orang di lingkaran dalamnya yang merupakan teman dekat yang akan menyumbangkan ginjal untuk Anda.

Sementara 12 hingga 15 teman yang mendukung yang akan sedih dengan kematian Anda dan 50 teman baik yang akan menghadiri pertemuan tahunan seperti pesta ulang tahun Anda tetapi tidak, misalnya, pesta makan malam.

Sisanya, dan sebagian besar teman kebanyakan orang, lebih seperti kenalan, orang-orang yang berinteraksi terutama di pesta pernikahan, reuni sekolah, dan sejenisnya.

Angka penting lain yang mengatur kualitas persahabatan, menurut Dunbar, termasuk 10 sebagai ukuran klub buku yang sempurna dan empat hingga enam sebagai jumlah ideal tamu pesta makan malam.

Selain itu, penelitian Dunbar menemukan bahwa media sosial "menyiratkan derajat isolasi sosial" yang tidak pernah dia antisipasi.

Dia juga menemukan bahwa memiliki lebih banyak teman berkorelasi dengan memiliki porsi pemrosesan sosial yang lebih besar di otak Anda, dan memiliki jaringan pertemanan yang lebih baik membuat orang lebih mungkin untuk pulih dari serangan jantung dan stroke. Dunbar juga menemukan bahwa wanita umumnya lebih mahir bersosialisasi dibandingkan pria.*