Manfaat Minyak Bunga Lavender

Sabtu, 03 April 2021

Ilustrasi lavender (int)

Terik matahari dapat memicu keringat dan debu kotoran yang berisiko merusak kulit tubuh maupun wajah. Karena itu, penting untuk memanfaatkan bahan alami seperti bunga lavender yang dipercaya berkhasiat untuk perawatan kulit.

Sifat anti-inflamasi pada lavender dipercaya dapat mengatasi masalah kulit akibat terpapar sinar matahari, juga melindungi kulit wajah dari jerawat akibat kotoran dan minyak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam BMC Complementary Medicine and Therapies, mencatat lavender dapat menjadi bagian perawatan untuk menyembuhkan masalah kulit.

Selain bermanfaat bagi kulit, ekstrak minyak bunga lavender juga dikenal bisa mengobati orang kejang (antikonvuslan) sekaligus melawan bakteri (antimikroba).

Hal ini diungkap oleh penelitian berjudul Effect of Lavender (Lavandula angustifolia) Essential Oil on Acute Inflammatory Response tahun 2018.

Ingin merawat wajah dengan bunga yang satu ini? Berikut cara dan langkah untuk merawat wajah dengan memanfaatkan bunga lavender tersebut:

Langkah-langkahnya:
-Keringkan kuncup bunga lavender
-Siapkan 1 gelas air
-Siapkan botol

Cara pembuatannya:
-Rebus lewat air panas dengan suhu yang normal.
-Tambahkan 1 sendok teh kuncup bunga lavender, lalu hancurkan dalam botol.
-Tambahkan air panas yang telah direbus ke kuncup lavender.
-Jemur botol di bawah sinar matahari selama sehari.
-Jika sudah, letakkan campuran lavender tersebut ke dalam lemari es, lalu awetkan supaya bisa mendapat efek dingin di kulit saat perawatan.

Menggunakan bunga lavender sebagai perawatan wajah maupun pengobatan kejang, sangat ideal jika dilakukan setiap hari. Selain itu, campuran lavender juga baik untuk toner kulit, yang dapat memberi kelembapan di wajah.*