CDN Riau Edukasi Berkendara Lewat Webinar 88 Murid SMKN 2 Pinggir

Selasa, 06 April 2021

Instruktur Safety Riding PT CDN Riau Steven saat menyampaikan materi lewat webinar.

PEKANBARU - PT Astra Honda Motor (AHM) melalui PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Riau terus melakukan edukasi keselamatan berkendara kepada masyarakat khususnya pelajar. Hal ini untuk memperkuat kampanye keselamatan berkendara serta memenuhi komitmen Honda dalam memberikan edukasi Safety Riding kepada masyarakat ditengah pandemi secara web seminar (webinar).

Webinar mengusung tema "Cari_aman dulu baru cari pahala" diikuti 88 murid perwakilan berbagai jurusan di SMK Negeri 2 Pinggir, Bengkalis, Riau.

"Edukasi Safety Riding melalui web seminar terus dilakukan meski di masa pandemi," kata Sales Manager PT Capella Dinamik Nusantara Riau Jonny Winata, dalam rilis, Selasa (6/4).

Ia berharap, edukasi Safety Riding Honda secara daring tetap bermanfaat dan lebih efektif dijalankan pada kondisi pandemi serta bisa meningkatkan sikap kepedulian di jalan raya, dan untuk peserta bisa menjadi bekal saat sudah mencapai usia 17 tahun terutama dalam hal keselamatan berkendara di jalan raya, serta menjadi duta keselamatan berkendara bagi diri sendiri, keluarga dan teman.

Suasana Webinar tim safety riding Honda Riau bersama SMK Negeri 2 Pinggir, Bengkalis, Riau

Instruktur Safety Riding PT CDN Riau Steven mengatakan, pentingnya kepedulian, teknik dasar saat berkendara, serta Cari_aman, postur berkendara yang baik dan benar serta teknik pengereman, teknik menikung serta perlengkapan berkendara yang dipakai juga salah satu faktor penentu untuk mencegah terjadinya kecelakaan karena 14-39 tahun usia produktif terjadinya kecelakaan.

"Mirisnya, 90 persen kecelakan terjadi karena faktor manusia dan kita sudah harus bisa mengenali dan mempelajari teknik yang tepat sejak dini agar aman dan nyaman dalam berkendara," kata Steven.

Ia menambahkan, untuk aman berkendara pastikan kondisi badan dalam keadaan sehat dan segar sebelum berkendara, periksa kondisi kendaraan sudah siap untuk dipakai, gunakan helm standard dan jaket serta tambahan masker, patuhi rambu lalulintas dan yang terakhir jangan lupa bagi yang sudah berumur 17 tahun keatas agar tetap membawa SIM dan STNK.

Kepala Sekolah SMKN 2 Pinggir Elmi Suhaimi MPd mengucapkan terimakasih kepada Honda Riau dan PT AHM yang telah mempercayakan SMKN 2 Pinggir menjadi pilihan pada kegiatan safety riding edukasi secara online.

"Saya harap para murid yang mengikuti kegiatan mendapat wawasan tentang keselamatan berkendara di jalan raya, karena kita ketahui bahwa selama ini banyak terjadi kecelakaan lalulintas pada kaum milenial khususnya pelajar yang disebabkan ketidaktahuan serta kurang memahami tentang aturan lalulintas di jalan raya serta faktor sebab akibat terjadinya kecelakaan di jalan raya, nantinya para murid dapat mempraktekkan ilmu dalam kehidupan sehari-hari dengan satu tujuan yakni selamat di jalan bersama keluarga maupun diri sendiri," kata Elmi

Ia menyebut, Webinar Safety Riding ini menggunakan metode edukasi melalui webinar namun tetap disajikan dengan menarik sehingga para murid mudah mengikutinya serta dapat mengimplementasikan ilmu dengan baik.

Kegiatan berjalan interaktif dengan antusias dan semangat. Rasa ingin tahu peserta sangat antusias terbukti pada sesi tanya jawab banyak murid menyampaikan pertanyaan kepada narasumber.

Diakhir kegiatan peserta mengikuti post test online dimana bagi peserta yang mendapatkan nilai tertinggi akan mendapatkan hadiah voucher pulsa, hal ini menambah motivasi peserta sehingga kegiatan menjadi lebih efektif.

Tiga pemenang kuis post test Meli Wati Br Pasaribu, Silva, Rizky Leonardo mengucapkan terimakasih. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengetahui informasi, wawasan tentang keselamatan dalam berkendara.

"Ilmu ini akan saya sampaikan juga kepada teman, tetangga serta keluarga di rumah. Saya harap kedepan bisa mendapatkan ilmu lebih lagi tentang teknik, postur berkendara cara menikung, dan mengerem dalam sesi praktek," ucap Meli mewakili teman.(*)