Keunggulan Biji Arabica Lokal Dibanding Kopi Lain

Senin, 03 Mei 2021

Ilsutarsi kopi hitam (int)

Biji kopi Arabica Indonesia punya keunggulan tingkat keasaman lebih rendah (low acid) dibanding varian kopi lainnya yang berkarakter strong. Apalagi tipe Arabica lokal ini punya kandungan kafein lebih sedikit, yaitu sekitar 0,8 persen hingga 1,5 persen dari total jumlah kopi. Alhasil, kopi ini disebut lebih ramah dikonsumsi saat Ramadan sambil berpuasa.

Meski jumlah kafein lebih rendah, namun olahan kopi ini tetap menghadirkan karakter aroma kopi yang kuat dan lebih kaya rasa. Keunggulan kopi Arabica ini dimanfaatkan brand kopi ternama Kopi Kenangan untuk membuat varian baru. 

Kopi Arabica diambil langsung dari Bumi Banjarnegara, dengan menggandeng Mikael Jasin, 4th ranked World Barista Championsip 2019 yang juga merupakan 1st Indonesia Barista Champion untuk menjadi Head of Coffee Kopi Kenangan.

"Light Coffee Series merupakan salah satu bentuk customer-obsession Kopi Kenangan dalam memberikan yang terbaik kepada setiap pelanggan, karena kami menyadari bahwa setiap orang pasti memiliki preferensi masing-masing dalam memilih minuman dan makanan yang sesuai dengan selera," kata Co-Founder & Chief of Business Development Kopi Kenangan James Prananto dilansir dari suara.com, Senin (3/5/2021).

Ia menyebut, adapun biji kopi Arabica memiliki ciri khas James Prananto, erupa biji pipih panjang dengan tekstur lebih halus. Kopi Arabica juga memiliki aroma khas dengan rasa yang manis dan ringan.

Dalam Light Coffee Series Kopi Kenangan, 100 persen biji kopi Arabica yang didatangkan dari Bumi Banjarnegara dapat dipadukan dengan susu, gula aren, serta berbagai sirup sehingga dapat menjadi alternatif pilihan menu favorit konsumen Kopi Kenangan.

Untuk pecinta kopi tanpa campuran, terdapat Light Americano dengan biji kopi Arabica premium berkualitas. Sedangkan untuk pecinta kopi susu ada Light Dua Shot Iced Shaken dengan double shot 100 persen biji kopi Arabica, dan Light Kopi Kenangan Mantan yang memadukan biji kopi Arabica dengan susu dan gula aren.

Tersedia juga menu lainnya dalam Light Coffee Series ini, seperti Light Latte, Light Cappuccino, Light Kopi Kelapa, dan masih banyak lagi yang dapat menjadi alternatif pecinta kopi.

Paduan cita rasa kopi premium yang ringan dan manis dari 100 persen, biji kopi Arabica lokal ini tersedia sejak 5 April 2021 di 168 gerai Kopi Kenangan di Jabodetabek.