Finis ke-17 MotoGP Spanyol, Tanda Rossi Pensiun Musim Ini

Senin, 03 Mei 2021

Valentino Rossi (int)

JAKARTA - Valentino Rossi kembali tidak bisa bersaing di MotoGP Spanyol. Hal ini makin membuat tanda 'The Doctor' pensiun di akhir musim makin terlihat.

Rossi yang start dari posisi ke-17 mengakhiri balapan tetap di posisi ke-17. The Doctor pun kembali harus gigit jari dan tidak bisa mendapat poin di laga ini.

MotoGP Spanyol sendiri sejatinya merupakan salah satu seri andalan Rossi di masa lampau. Sirkuit Jerez seringkali berujung hasil manis untuk Rossi.

Namun dengan kondisi Rossi finis di posisi ke-17 musim ini, hal tersebut bisa jadi indikasi bahwa 'The Doctor' sudah kesulitan untuk kembali tampil kompetitif di musim ini.

Sejak awal musim MotoGP 2021, Rossi baru mengemas empat poin hasil finis di posisi ke-12 MotoGP Qatar. Setelah itu Rossi finis di posisi ke-16 MotoGP Doha dan kemudian gagal finis di MotoGP Portugal.

Saat mengikat kontrak dengan Petronas Yamaha, Rossi diikat dengan kontrak satu tahun dengan opsi perpanjangan satu musim.

Rossi menyatakan bahwa keputusan perpanjangan kontrak musim MotoGP 2022 bergantung pada performanya di paruh awal MotoGP 2021. Bila Rossi merasa masih kompetitif, The Doctor mengungkapkan ada kemungkinan dirinya bersedia memperpanjang kontrak untuk tampil di MotoGP 2022.

Merujuk capaian prestasi Rossi di empat seri awal, Rossi jelas tampil jauh di bawah kata memuaskan. Dengan total seri MotoGP 2021 berjumlah 19 seri, paruh musim MotoGP 2021 ada di MotoGP Finlandia yang berlangsung pada 11 Juli mendatang.*