Lima Makanan Harian Tingkatkan Suasana Hati

Senin, 17 Mei 2021

Ilustrasi bayam (int)

Advokat kesehatan sekaligus pendiri Eat Clean with Eshanka, Eshanka Wahi menyatakan, mengonsumsi makanan sehat dapat mengurangi depresi sekaligus meningkatkan suasana hati atau mood. 

"Makanan sehat memiliki korelasi yang sangat erat," kata Eshanka Wahi dilansir dari suara.com, Senin (17/5/2021).

Ia menyebut, banyak orang berpikir bahwa serotonin, adalah hormon yang membantu menstabilkan suasana hati, tidur, perasaan, diproduksi lewat otak.

"90 persennya diproduksi di usus, dan kemudian dikirim ke otak kita melalui neurotransmiter yang dapat menstabilkan suasana hati kita," sebutnya.

Ia melanjutkan, meningkatkan asupan makanan yang baik dapat memicu produksi serotonin secara efektif, sekaligus membantu meningkatkan mood. "Kunci untuk memelihara suasana hati yaitu dengan nutrisi yang baik, sekaligus makanan yang cukup," ungkapnya.

Berikut lima makanan yang bisa meningkatkan mood Anda.

1. Cokelat Hitam
Mengonsumsi dark chocolate atau cokelat hitam, dapat meningkatkan mood sekaligus memberi rasa tenang dan bahagia. Kandungan cokelat hitam dapat merangsang produksi endorfin, yakni bahan kimia di otak yang dapat menciptakan rasa bahagia. Selain itu, cokelat hitam juga dapat meningkatkan alirah darah ke orak, sekaligus mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan otak.

2. Salmon
Ikan salmon diperkaya dengan asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan mood Anda. Eshanka Wahi mengatakan, asam lemak omega-3 memainkan peran penting dalam pembuatan sel-sel tubuh.

"Itu membuat rambut dan kulit kita berkilau, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Orang yang makan ikan salmon cenderung mengalami peningkatan peerasaan puas. Biasanya, suasana hatinya lebih bahagia,” ungkapnya.

3. Kacang dan biji-bijian
Kacang dan biji-bijian terdiri dari triptofan dan asam amino, yang bertanggung jawab memproduksi serotonin untuk meningkatkan suasana hati. Seperti biji labu, wijen, bunga matahari, almon, kacang mete, kacang tanah, dan juga kenari, merupakan sumber makanan yang bagus. 

Kandungan makanan ini menjadi komponen besar yang mendukung kesehatan tubuh sekaligus otak.

4. Bayam
Bayam memiliki kandungan magnesium yang memberi kadar serotonin untuk meningkatkan mood. Dikatakan, seseorang yang rendah magnesium cenderung meningkatkan risiko depresi dan kecemasan.

"Selain itu, makan makanan yang mengandung asam amino esensial yang dikenal sebagai triptofan, membantu tubuh meningkatkan produksi serotonin," paparnya.

Meski kandungan triptofan bisa ditemukan lewat makanan telur dan jenis unggas, namun bayam secara alami dapat meningkatkan produksi serotonin.

5. Buah berry
Banyak makan buah dapat menurunkan tingkat depresi. “Diet kaya antioksidan dapat mengelola peradaan terkait depresi atau gangguan mood lainnya. Buah berry mengandum berbagai macam antioksidan dan senyawa fenolik, yang memainkan peran penting dalam memerangi stres oksidatif, yang dapat menurunkan risiko depresi,” ungkap Eshanka Wahi.