Siswa SMP Binaan Khusus Dumai Juara Lomba Video

Senin, 24 Mei 2021

Tangkap layar pengumuman memang lomba secara webinar

Rohima Dzatir Rajwa, tidak dapat menyembunyikan kegembiraannya saat puisi yang ia kirim dalam bentuk video dinyatakan sebagai pemenang oleh panitia Star Creativa 2021, Yayasan Santo Tarcius, Dumai, Riau, Sabtu (22/5/2021).

Lomba Cipta Baca Puisi dalam bentuk video tersebut diikuti lebih dari 40 peserta dari berbagai sekolah SMP dan Madrasah Tsanwiah se-Kota Dumai, bahkan ada beberapa sekolah dari Pekanbaru, Bagan Batu, dan Duri.

“Bahagia, senang rasanya,” kata Rohima, siswi kelas VII SMP Binaan Khusus Dumai.

Keberhasilan Rohima memenangkan lomba tersebut tidak terlepas dari dukungan Kepala Sekolah dan guru.

“Ibu Nolilita yang mengajarkan saya membuat video melalui aplikasi VN,” tambahnya.

Ajarkan Siswa Membuat Video

Nolilita mengatakan, pelatihan pembuatan video dari Tanoto Foundation yang diikutinya diajarkan kembali kepada siswanya. 

“Cukup dengan smartphone dan aplikasi VN, siswa lebih mudah mengedit video,” ujarnya.

Selama pembelajaran tatap maya, dirinya bersama siswa membuat video ketika masih di rumah maupun di sekolah. 

Setelah itu, bersama-sama dengan siswanya memilih mana video yang memiliki latar yang bagus untuk dikirimkan ke panitia lomba. 

“Siswa kami ini memang berbakat di bidang puisi, jadi saya hanya mengajarkan secara teknis dengan menggunakan VN agar hasil video lebih menarik,” sebutnya.

Ia menambahkan, penggunaan aplikasi VN hasilnya terlihat lebih menarik. 

“Hasil video kita, lebih menarik dibandingkan video peserta lomba lainnya yang belum menggunakan VN,” katanya.

Rohima dan temannya tentu beruntung memiliki guru seperti Ibu Noli yang mengajarkan cara membuat video di tengah pembelajaran jarak jauh. 

Selama Pandemi, penyajian video pembelajaran yang menarik dan interaktif akan memudahkan siswa memahami materi pelajaran. 

Terlebih jika video pembelajaran itu mengandung unsur Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi, seperti yang dikembangkan Tanoto Foundation kepada para guru di daerah mitra di Provinsi Riau.