Selama 2021, REI Riau Targetkan 8.000 Rumah

Rabu, 02 Juni 2021

Ilustrasi Perumahan di Pekanbaru (int)

PEKANBARU - Realestate Indonesia (REI) Riau optimis target 8.000 unit rumah terbangun di Riau sepanjang 2021 ini. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPD REI Riau Elvi Syiofriadi (2/06/2021).

Dikatakannya, masa ini merupakan masa yang tepat untuk mencapai target yang telah dicanangkan REI Sejak awal 2021 lalu. Dimana menurutnya ekonomi mulai membaik, bahkan minat masyarakat untuk membeli hunian juga mengalami peningkatan hingga 20 persen.

"Kita optimis target ini tercapai. Saat ini realisasinya sudah mencapai 2.500 unit," tuturnya.

Terangnya, realisasi terbesar saat ini sudah terlaksana di wilayah Pekanbaru dan Kampar. Ia berharap wilayah lain mampu ikut berkontribusi mencapai target tersebut.

"Salah satu upaya kita untuk mencapai target tersebut, kita mendorong seluruh anggota REI Riau, untuk secepatnya melakukan pengajuan KPR ke bank penyedia kredit,baik KPR bersubsidi maupun KPR komersil," tuturnya.

Ia menjelaskan, saat ini minat pembelian unit perumahan di Riau mulai meningkat sejak awal 2021 lalu. Meski belum normal sejak pandemi melanda Riau, namun penjualan unit perumahan kini telah merangkak naik hingga 20 persen tiap bulannya.

"Kebanyakan unit rumah yang diminati masyarakat adalah tipe KPR komersil khususnya tipe 40-45. Jadi bukan tipe KPR subsidi," terangnya.

Menurutnya, unit komersil laris manis di pasaran lantaran bertambahnya aturan atau regulasi dari pihak perbankan sejak masa pandemi beberapa waktu lalu. Sementara konsumen yang hadir kebanyakan adalah pengusaha, salah satunya yakni petani sawit.

"Pekanbaru masih menjadi wilayah paling besar penjualannya khusus tipe komersil. Kalau untuk subsidi kebanyakan di wilayah Kampar," tutupnya.*