Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Kamis, 15 Juli 2021

Ilustrasi anak belajar (int)

Untuk memperoleh sebuah pengetahuan dan keterampilan baru, seorang butuh untuk belajar. Aktivitas belajar tidak melulu selalu berasal dari sekolah.

Dengan kemajuan teknologi, kini banyak orang bisa belajar banyak hal melalui internet. Tapi, yang tidak boleh terlewat, jangan lupa untuk berdoa.

Di dalam Islam, saat belajar perlunya membaca doa sebelum dan sesudah belajar. Jika berdoa, maka seseorang akan dipermudah saat mencari ilmu.
Dilansir dari Dalam Islam, berikut doa sebelum dan sesudah belajar yang bisa dibaca di rumah.

Doa sebelum belajar
Doa 1

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla, robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya:
“Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”.

Doa 2

Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolihiin.
Artinya:

“Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh“.

Doa setelah belajar
Doa 1

Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin.
Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam”.

Doa 2
Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu.

Artinya:
“Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya“.

Doa 3
Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal.

Artinya:
“Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan."