LIB Siapkan Skenario Liga 1 Usai PPKM

Sabtu, 17 Juli 2021

PT LIB. Ilustrasi (int)

JAKARTA - PT Liga Indonesia Baru (LIB) tengah menyiapkan skenario baru setelah pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

Direktur Operasional Operator kompetisi PT LIB Sudjarno mengatakan, pihaknya menghormati keputusan pemerintah yang memperpanjang PPKM darurat Covid-19 sampai akhir Juli 2021.

Sebelumnya, LIB dan PSSI berencana menggelar Liga 1 2021/2022 pada 9 Juli lalu, namun terpaksa ditunda karena penerapan PPKM 3-20 Juli. Perpanjangan PPKM Darurat sampai akhir Juli disebut bisa kembali berpengaruh pada rencana jadwal kick off Liga 1.

"Kami tetap menghormati apa yang jadi keputusan pemerintah. Kami dukung kebijakannya karena ini semua untuk kepentingan bersama. Di satu sisi, kami akan coba komunikasikan lagi dengan stakeholder, baik itu Kementerian Kesehatan, BPNP, Satgas, Kemenpora dan Kepolisian untuk menyusun ulang jadwal. Syukur-syukur kami diizinkan latihan," kata Sudjarno, Sabtu (17/7/2021).

LIB juga disebut Sudjarno bakal menyusun skema dan rencana baru jadwal Liga 1 di tengah kondisi yang kembali tidak menentu akibat naiknya kasus positif Covid-19 di Indonesia. Proposal ini akan diserahkan ke stakeholder yang berkepentingan.

Sudjarno melanjutkan, proposal itu akan menjadi bahan diskusi untuk dilakukan penyesuaian dan menunggu arahan dari para stakeholder sepak bola Indonesia terakit rencana dimulainya kembali kompetisi Liga 1.

"Kami ingin bagaimana Liga 1 bisa jalan dan kami tetap mendukung program pemerintah lewat PPKM ini dengan menggelar pertandingan tanpa penoton. Ini bagian yang sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk mengkampanyekan di rumah saja," jelasnya.

Sesuai dengan hasil rapat manajer terakhir bersama klub-klub peserta pada awal Juli lalu, Sudjarno menyebut rencananya Liga akan dimulai kembali satu bulan setelah PPKM Darurat berakhir.

"Harapan sesuai manager meeting itu kick off dimulai satu bulan setelah PPKM Darurat, sehingga pemain bisa berlatih dan persiapan dulu. Rencana awal kami memang kalau diizinkan kick off akan dimulai 20 Agustus."

"Tapi kan ini diperpanjang [PPKM Darurat sampai akhir Juli]. Jadi sejauh ini belum ada obrolan lagi. Kami sedang menyusun alternatif skema yang memungkinkan untuk dilakukan. Nanti akan dibahas bersama PSSI dan LIB," ujar Sudjarno.