Ini Tips Jaga Kesehatan Kulit pada Penderita Covid-19 saat Isoman

Sabtu, 24 Juli 2021

Ilustrasi rawat wajah (int)

Rasa khawatir dan cemas yang tak terhindarkan saat penderita Covid-19 menjalani isolasi mandiri merupakan hal umum yang sering muncul. Namun, Dermatologis ZAP Clinic dr Novi Junita, MBiomed SpKK mengungkap jika hal tersebut dapat memengaruhi kondisi kulit.

Menurutnya, perasaan tersebut mampu memicu timbulnya perasaan stres yang akan direspon tubuh dengan produksi hormon kortisol dan androgen berlebih. Perpaduan kedua hormon yang bekerja lebih aktif ini mampu meningkatkan aktivitas kelenjar minyak serta inflamasi pada kulit wajah, sehingga muncullah komedo dan jerawat. 

"Selain itu, stres juga dapat memberikan efek negatif lain pada kulit, seperti gangguan regenerasi kulit menyebabkan kulit kusam, gangguan permeabilitas kulit sehingga kulit menjadi kering, gangguan imunitas kulit yang mengakibatkan kulit mudah mengalami peradangan," kata dr Novi dilansir dari suara.com, Sabtu (24/7/2021).

Lebih lanjut, dr Novi mengungkap, jika hal ini juga dapat memperlambat kesembuhan dan kambuhnya penyakit kronis kulit pada seseorang yang menjalani isoman seperti dermatitis seboroik, dermatitis atopik, psoriasis, neurodermatitis, dan lainnya. Bahkan, stres juga mampu mempercepat proses penuaan kulit. 

Untuk menjaga kesehatan kulit selama penderita Covid-19 melakukan isolasi mandiri, berikut beberapa tips yang disampaikan dr. Novi, yang bisa kamu ikuti. 

1. Berjemur di bawah sinar matahari

Sinar UVB mampu memicu kulit membentuk vitamin D yang berfungsi sebagai imunomodulator sehingga meningkatkan sistem imunitas kulit dan tubuh, mengurangi inflamasi serta mempercepat proses penyembuhan. 

Berjemur di bawah sinar matahari sebaiknya dilakukan maksimal jam 10 pagi. Pastikan untuk mengekspos area kulit seluas mungkin agar sinar matahari dapat terserap maksimal.

“Lamanya durasi berjemur bergantung pada usia dan tipe kulit individu masing-masing. Untuk mereka yang berkulit terang dan berusia muda cukup dilakukan selama 10-15 menit. Tapi mereka yang berkulit gelap dan berusia lanjut membutuhkan durasi berjemur yang lebih lama, yaitu minimal 30 menit untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam kulit,” terang dr Novi.

2. Penggunaan sunblock saat berjemur

Penggunaan sunblock pada wajah saat berjemur sempat diperdebatkan di media sosial. Merespon hal ini, dr Novi mengungkapkan jika memang benar penggunaan sunblock dengan SPF 30 atau lebih akan menghalangi penyerapan sinar matahari 95-98 persen.

Namun, dia menekankan jika luas area kepala hanya sebesar 9 persen dari luas seluruh permukaan tubuh sehingga penggunaan sunblock di area wajah saja tidak akan memberikan perbedaan signifikan dalam pembentukan vitamin D pada kulit. 

Sebagai alternatifnya, topi dan kacamata juga dapat digunakan untuk melindungi area kepala, wajah dan mata dari radiasi sinar UV.

3. Telemedicine terbukti akurat untuk diagnosis masalah kulit

Akurasi diagnosis teledermatologis (telemedicine dengan dermatologis) memiliki sensitivitas 73-97 persen dan spesifisitas 73-83 persen. Dengan kata lain, teledermatologi dapat menjadi alternatif bagi penderita Covid-19 yang tengah isoman agar tetap mendapatkan pengobatan. 

“Sejak 2020, ZAP sudah melayani teledermatologi melalui video call sebagai upaya untuk mengurangi mobilitas serta menurunkan risiko penularan Covid-19. Untuk kasus yang dicurigai Covid-19, diagnosis yang paling banyak adalah makulopapular dan urticaria,” terang dr. Novi.

4. Mandi dan konsumsi makanan bergizi

Ada kalanya isoman terasa overwhelming, bagi penderita Covid-19 dengan gejala ringan dan OTG, hal minimal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit adalah tetap mandi dua kali sehari, minum 2-3 liter air putih, olahraga ringan hingga sedang, tidur minimal 8 jam di malam hari serta menggunakan pelembap minimal tiga kali sehari.

Pelembap dapat digunakan utamanya di area tangan yang sering kering akibat mencuci tangan atau memakai hand sanitizer. Menjaga nutrisi tubuh juga penting untuk dilakukan, jadi upayakan untuk makan makanan yang bergizi seperti sayur dan buah serta lengkapi dengan konsumsi vitamin C, B, D, E dan zinc. 

5. Terapkan basic skincare untuk perawatan minimal

Perawatan kulit wajah selama isoman yang dapat dilakukan di rumah dengan basic skin care antara lain adalah membersihkan wajah, melembabkan area wajah, tetap menggunakan sunblock meskipun di dalam ruangan dan mengeksfoliasi wajah untuk regenerasi kulit.

Produk yang digunakan harus sesuai dengan tipe kulit masing-masing. Untuk kulit berminyak dan kombinasi sebaiknya melakukan double cleansing, foaming soap, oil free moisturizer, sunblock non comedogenic dan eksfoliasi fisik atau kimiawi menggunakan produk yang mengandung AHA, BHA.

Sedangkan untuk kulit kering dan sensitif dapat memilih produk balm cleanser, non-SLS, hipoalergenik, oil-based atau cream based moisturizer, mineral sunblock tanpa parfum dan bahan pengawet, serta eksfoliasi dengan AHA dosis rendah.