Berikut Bacaan Doa Tolak Bala Agar Dijauhkan dari Nasib Buruk

Senin, 26 Juli 2021

Ilustrasi berdoa (int)

Dalam hidup seseorang pasti pernah mengalami nasib buruk atau musibah yang menimpanya. Baik yang ada di masa kini maupun di masa lalu.

Namun, sebagaimana umat Muslim membaca doa agar terhindar dari nasib buruk sangatlah penting. Berikut doa-doa tolak bala yang bisa dibaca beserta artinya seperti yang telah dilansir dari Dalam Islam berikut ini.

Doa 1
Allahumma inni a’uudzu bika  min jahdil balaa-i  wa darokisy syaqoo-i  wa suu-il qodhoo-i  wa syamaatatil a’daa-i.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari cobaan yang berat dan dari kesengsaraan yang hebat, dari takdir yang jelek, dan kegembiraan musuh atas kekalahan.”

Doa 2 (meminta takdir yang terbaik)
Ummul Mukminin Aisyah menyebutkan, Rasulullah SAW mengajarkan doa ini untuk meminta kebaikan serta terhindar dari keburukan. Berikut doanya:

Allohumma Inni As-Aluka Minal Khoiri Kullihi ‘Aajilih Wa Aajilih, Maa ‘Alimtu Minhu Wa Maa Lam A’lam. Wa A’udzu Bika Minasy Syarri Kullihi ‘Aajilih Wa Aajilih Maa ‘Alimtu Minhu Wa Maa Lam A’lam.

Allohumma Inni As-Aluka Min Khoiri Maa Sa-Alaka ‘Abduka Wa Nabiyyuk Muhammadun Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Wa A’udzu Bika Min Syarri Maa ‘Aadza Bihi ‘Abduka Wa Nabiyyuk.
 
Allohumma Inni As-Alukal Jannah Wa Maa Qorroba Ilaihaa Min Qoulin Aw ‘Amal. Wa ‘Audzu Bika Minan Naari Wa Maa Qorroba Ilaihaa Min Qoulin Aw ‘Amal. Wa As-Aluka An Taj’ala Kulla Qodhoo-In Qodhoitahu Lii Khoiroo.

Artinya:
“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu semua kebaikan yang disegerakan maupun yang ditunda, apa yang aku ketahui maupun tidak aku ketahui. Aku berlindung kepada-Mu dari semua keburukan, baik yang disegerakan maupun yang ditunda, yang aku ketahui maupun yang tidak aku ketahui.

Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu dari kebaikan apa yang diminta oleh hamba dan Nabi-Mu Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari apa yang diminta perlindungan oleh hamba dan nabi-Mu.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu surga dan apa yang mendekatkan kepadanya baik berupa ucapan maupun perbuatan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan apa yang mendekatkan kepadanya baik berupa ucapan atau perbuatan. Dan aku memohon kepada-Mu semua takdir yang Engkau tentukan baik untukku.”

Doa 3 (doa sapu jagat)
Dikatakan, doa sapu jagat merupakan doa yang sering diucapkan oleh Nabi SAW. Bahkan Ibnu Katsir menyebutkan doa ini berisi permohonan atas seluruh kebaikan, baik di dunia maupun di akhirat.

Serta, doa ini merupakan permohonan agar terhindar dari api neraka. Doa ini telah Allah SWT sebutkan dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 201, yakni:

Robbanaa Aatinaa Fid Dun-Yaa Hasanah, Wa Fil Aakhiroti Hasanah, Wa Qinaa ‘Adzaaban Naar.

Artinya:
“Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka.”