Supaya Bansos Tepat Sasaran, Pengamat Minta Pemko Verifikasi Data Masyarakat

Senin, 26 Juli 2021

Ilustrasi uang rupiah (int)

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memberikan bantuan sosial (Bansos) berupa beras PPKM untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Supaya bantuan bisa tepat sasaran, Pemko Pekanbaru diminta untuk melakukan verifikasi data masyarakat penerima bantuan.

Hal tersebut dikatakan Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau, Elfiandri, Senin (26/7/2021).

"Verifikasi data perlu dilakukan, supaya jangan sampai bantuan sosial ini salah sasaran. Umpanya ada 10 orang penerima di tempat A, datanya harus di verifikasi dulu, betul tidak orang yang 10 itu tepat sasaran," sebutnya.

Menurutnya, terkadangkan ada masyarakat yang pindah, bahkan meninggal dan lain sebagainya. "Jadi data ini perlu di update dan di verifikasi terus," jelasnya.

Dijelaskannya, selama ini pola bantuan itu berbentuk barang, terus di tenderkan dan setelah itu baru diberikan.

"Jadi saat memberikan bantuan tersebutlah koordinasi sering terjadi masalah," ujarnya.

"Apalagi masing-masing instansi itu biasanya mempunyai data yang berbeda. Dan yang terpenting pastikan data mana yang akan di pakai untuk memberikan bantuan tersebut, seperti Dinsos, ataupun Disduk, setelah itu diverifikasi lagi, supaya bantuannya bisa tepat sasaran," tutupnya.