Ini Manfaat Beras Merah Lengkap Kandungannya

Jumat, 17 September 2021

Ilustrasi beras merah (int)

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan defisit kalori, beras merah menjadi pilihan tepat. Jika umumnya untuk menemani lauk pauk yang di makan beras putihlah yang di jadikan sebagai pilihan, kini Anda dapat menggantinya dengan beras merah.

Terlebih banyak sekali kandungan bermanfaat yang diberikan beras merah kepada tubuh. Berikut ulasan tentang 6 manfaat beras merah dan kandungannya.

Kandungan Beras Merah
Sebelum bahas tentang manfaat beras merah dalam bagi tubuh, terlebih dahulu bahas tentang kandungan-kandungan yang terdapat pada beras merah.

Serat merupakan nutrisi yang paling banyak terkandung dalam beras merah, tetapi selain itu terdapat banyak sekali kandungan nutrisi lain, kita ambil contoh seporsi beras merah (+- 200 gram) mengandung beberapa nutrisi diantaranya:

45–50 gram karbohidrat

3–3,5 gram serat

5 gram protein

1,6–2 gram lemak

80 milligram kalium

80 milligram magnesium

2 milligram natrium

1,1 miligram zat besi

Enam Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan

1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat beras merah yang pertama untuk mencegah penyakit jantung, antosianin yang terkandung dalam beras putih dipercaya dapat membantu tubuh kita untuk mencegah penuaan, menangkal radikal bebas, serta mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit kardiovaskuler. Yang paling penting ialah kandungan magnesium pada beras merah, zat inilah yang dipercaya memiliki manfaat dalam pencegahan penyakit jantung.

2. Menurunkan Kolesterol
Manfaat beras merah yang kedua ialah untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, menurut Jurnal Litbang Penelitian yang dipublikasikan tahun 2005, ekstrak larutan beras merah dapat menunjang kemampuan tubuh dalam mengatur kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dapat terjadi karena Larutan beras merah mengandung asam amino, asam lemak tak jenuh, dan sterol yang bisa mengurangi pembentukan kolesterol dalam hati.

3. Mencegah Diabetes
Manfaat beras merah selanjutnya ialah untuk mencegah diabetes, berbeda dengan beras putih yang mengandung banyak sekali kandungan gula. Beras merah menjadi solusi yang tepat solusi bagi Anda yang memiliki resiko terkena diabetes atau sudah menderita diabetes tipe 2. Sebagai perbandingan, beras putih meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2 hingga 17%.

4. Mencegah Kanker
Tingginya kandungan antioksidan yang terdapat pada beras merah menjadi faktor utama yang dapat mencegah terjadinya kanker.

5. Memenuhi Kebutuhan Harian
Beras merah yang sudah diolah menjadi tepung dipercaya memiliki kandungan karbohidrat, lemak, serat, asam folat, magnesium, niacin, fosfor, protein, vitamin A, B, C, dan zinc. Zat-zat tersebut merupakan asupan mineral yang harus dipenuhi oleh setiap orang dalam setiap harinya.

Manfaat keenam dari beras merah ialah dapat menurunkan berat badan, tingginya kandungan serat pada beras merah akan membuat orang lebih kenyang ketika dikonsumsi, sehingga hal ini sangat cocok bagi anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.