Mantapkan Atlet Jelang PON, Panjat Tebing Riau Training Motivasi

Kamis, 23 September 2021

Foto bersama usai training motivasi di Hotel Grand Suka Pekanbaru.(ist)

PEKANBARU - Panjat Tebing salah satu Cabang olahraga (Cabor) yang akan memperkuat Kontingen Riau pada iven akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) 20 di Papua, 2-15 Oktober 2021.

Terkait ini, tentu Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI ) Riau perlu kekuatan penuh mulai dari fisik, teknik dan srategi bertanding hingga kesiapan mental agar tampil maksimal.

"Kita lakukan training motivasi khusus untuk atlet dan pelatih panjat tebing. Karena motivasi penting dan harus melekat pada atlet agar saat tanding bisa tampil percaya diri," kata Ketua Umum Pengprov FPTI Riau Yudhi Muis Syarif dalam helat training motivasi bertema Amazing Breakthrough disebuah Hotel Jalan Soekarno-Hatta, Pekanbaru, Rabu (22/9).

Yudhi menyebut, ada empat sesi yang menjadi tahapan pada training motivasi. Pertama, mengelola pola pikir yang sehat untuk menciptakan jiwa dan tubuh kuat. Kemudian, menumbuh kembang kepercayaan diri para atlet dan pelatih dalam menghadapi perlombaan.

Selanjutnya breakthrough, untuk membangkitkan gairah dalam menggapai cita cita dan memiliki terobosan dalam kehidupan. Keempat treatment & therapy session untuk merileksasi atlet melalui alam bawah sadar agar mencapai prestasi terbaik, serta membangkitkan gairah semangat atlet untuk bisa menumbuhkan aura positif.

"Semoga dengan kegiatan ini, para atlet bisa tampil maksimal, sehingga Panjat Tebing Riau bisa mempersembahkan prestasi terbaik untuk bumi lancang kuning," jelas Yudhi.

Ia berharap, dengan persiapan matang yang telah dilakukan sejak jauh hari, para atlet bisa mempersembah medali untuk Riau.

Pada PON ini, Panjat Tebing Riau menurunkan 8 atlet terdiri dari 4 atlet putra dan 4 putri. Yakni Ezi Ramadhan, Ferri Febrianto, Thamrin Mutakhir, Riko Lisamsi, Ade Andriani, Fitri Komala, Putri Nilam, dan Puja Lestari.

Dari 8 atlet, Panjat Tebing Riau akan mengikuti sekitar 15 nomor pertandingan. Diantaranya, boulder perorangan putra, speed record putra, lead perorangan putra, combined perorangan putra, boulder beregu putra, speed record beregu putra, speed classic campuran, lead campuran.

Sementara kategori putri, tanding di nomor lead perorangan putri, combined perorangan putri, boulder perorangan putri, speed record perorangan putri, speed record beregu putri, lead campuran, boulder beregu putri, lead beregu putri.