CDN Ajak Mahasiswa LP3I Pekanbaru Jadi Generasi Cari Aman untuk Indonesia

Sabtu, 02 Oktober 2021

Susana seminar CDN Riau bersama Mahasiswa Politeknik LP3I Pekanbaru

PEKANBARU - PT Astra Honda Motor (AHM) bersama PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Riau kembali melakukan seminar tentang keselamatan berkendara yang diikuti 50 mahasiswa Politeknik LP3I Kampus Pekanbaru.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seminar safety riding secara offline bertajuk 'Generasi #Cari_Aman untuk Indonesia' ini juga digelar serentak di seluruh Indonesia.

Kasatlantas Polresta Pekanbaru AKP Angga Wahyu Prihantoro Ssos SIK mengatakan, seminar keselamatan di jalan raya ini penting. Oleh sebab itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk sadar dan peduli tentang keselamatan berkendara. Karena semua memiliki hak di jalan raya, baik itu pejalan kaki, pengendara sepeda motor maupun pengemudi mobil.

"Hal yang perlu diperhatikan dalam safety riding, manajemen waktu, kelengkapan berkendara. Menggunakan helm, saat terjadi kecelakaan bisa mengurangi hingga 80 persen fatalitas cidera," kata Angga saat menghadiri seminar safety riding di Politeknik LP3I Kampus Pekanbaru.

Dalam kesempatan itu, Angga juga mengingatkan mahasiswa untuk tidak ugal-ugalan saat berkendara, terutama menggunakan handphone saat berkendara. "Menggunakan handphone sambil berkendara membahayakan, apalagi sampai buat konten sambil berkendara. Kita harus bijak berkendara," tambahnya.

Instruktur Safety Riding Capella Honda Riau Arif Rahman Hakim menyampaikan 3 faktor penyebab kecelakaan antara lain manusia, kendaraan dan lingkungan dimana faktor manusia ialah faktor utama penyebab kecelakaan diangka 90 persen, selebihnya kendaraan 7 persen, lingkungan 3 persen.

"Selain itu, basis kill juga sangat penting dalam mengurangi resiko kecelakaan seperti perlengkapan berkendara, pemeriksaan kendaraan, teknik menikung, mengerem, postur berkendara, postur berboncengan, teknik memprediksi bahaya saat berkendara di jalan raya dan arti slogan keselamatan berkendara sepeda motor Honda #Cari_aman," kata Arif dalam rilis belum lama ini.

Arif menambahkan, pihaknya tetap aktif menemani masyarakat dalam menghadirkan pengalaman berkendara yang aman dan sehat di masa pandemi. Selain penyampaian materi. Instruktur safety riding juga mengajak peserta untuk memperaktekkan teknik postur berkendara dan postur berboncengan yang aman dan selamat saat mengendarai.

Selain Sertifikat dalam kegiatan seminar safety riding ini peserta wajib mengikuti kuis twebone berhadiah pulsa untuk sepuluh peserta beruntung, hal ini menambah antusiasme peserta 

Terpisah, Sales Manager PT Capella Dinamik Nusantara Riau Jonny Winata mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen AHM dan CDN Riau dalam menyebarkan ilmu keselamatan berkendara serta memperkenalkan slogan keselamatan berkendara sepeda motor Honda #Cari_aman kepada masyarakat.

Harapannya dengan kegiatan seminar safety riding dapat memberikan wawasan serta pemahaman bagi mahasiswa tentang ilmu keselamatan berkendara serta menjadi duta keselamatan bagi lingkungan keluarga, kampus serta masyarakat sekitar. 

"Tentunya masa Pandemi ini para mahasiswa dapat menjadi Generasi #Cari Aman Untuk Indonesia," kata Jonny.

Praktisi K3 & Job Placement Politeknik LP3I Kampus Pekanbaru Zulyandri menyambut baik kegiatan ini. Ia juga menyampaikan tentang etika dalam berkendara di jalan raya.

"Selain mempersiapkan kendaraan, kita juga harus fokus dalam berkendara dengan mengikuti aturan lalu lintas," kata Zulyandri.