Nasi Sisa Bisa Dijadikan Camilan Legit, Jangan Dibuang

Senin, 04 Oktober 2021

Ilustrasi memasak nasi (int)

Nasi sisa di rice cooker kerapa kali terpaksa dibuang . Namun siapa sangka, rupanya nasi sisa juga bisa dibuat menjadi camilan manis yang nikmat.

Hal ini dibagikan melalui akun TikTok @4r1efzada54hel. Bahkan, bukan hanya sekedar nasi sisa, pria ini memanfaatkan kerak nasi yang menempel di rice cooker menjadi camilan menyerupai beng-beng.

Pertama ia menuangkan air ke dalam wadah rice cooker yang masih berisi nasi sisa yang menempel. Ia kemudian merontokan nasi yang ada di permukaan wadah.

Setelah itu, nasi sisa tersebut ditiriskan dan dijemur hingga kering. Setelah kering, goreng nasi sisa itu di minyak panas hingga mekar dan tiriskan.

Selanjutnya, panaskan 100 gram gula pasir, 50 ml air, dan 1 bungkus minuman sachet rasa jeruk nipis. Aduk dan masak hingga berbuih. Masukkan nasi yang telah digoreng dan masak selama beberapa saat.

Siapkan loyang kemudian cetak nasi kering tersebut dan padatkan. Diamkan sejenak hingga mengeras kemudian potong-potong nasi menyerupai ukuran beng-beng.

Camilan dari nasi sisa (TikTok @4r1efzada54hel)

Lumuri nasi yang telah tercetak itu dengan cokelat cair kemudian diamkan hingga cokelat mengeras. Beng-beng murah meriah dari nasi sisa pun siap disantap.

Sekilas tampilan camilan manis dari nasi sisa ini memang menyerupai beng-beng. Rasanya pun sudah tak seperti nasi karena renyah.

Video tutorial membuat beng-beng KW dari nasi sisa ini pun menarik perhatian banyak warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Di tempatku makanan kayak gitu namanya Jipang," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Nggak nyangka nasi sisa yang nempel di rice cooker bisa dibikin camilan. Menarik nih, jadi nggak buang-buang," ujar warganet ini.

"Mau nyoba deh nanti kalau ada nasi sisa hehe," tulis warganet lainnya di kolom komentar.