Pekanbaru Tuan Rumah Rakorteknas 2021

Kamis, 07 Oktober 2021

Zulhelmi Arifin

PEKANBARU - Kota Pekanbaru tuan rumah Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Nasional (Rakorteknas) 2021 dengan 380 daerah yang diundang.

"Sudah ada 200 daerah yang menyatakan hadir secara offline di Pekanbaru. Sisanya mengikuti online atau virtual," kata Kepala Bapenda Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Kamis (7/10).

Ia mengatakan, kegiatan ini termasuk membangkitkan ekonomi di Pekanbaru. Sebut saja kamar Hotel tentu mulai terisi dengan adanya tamu rombongan.

"Satu orang saja datang setidaknya bawa duit Rp5 juta kali berapa tamu yang hadir. Tentu, seperti Hotel tadi, oleh-oleh khas Pekanbaru, driver jadi terbantu," sebutnya.

Rakorteknas direncanakan berlangsung di Hotel Novotel Jalan Riau Pekanbaru, Jumat-Sabtu (7-8/10/2021) yang dibuka Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Bina Keuda) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Hari ini tamu dari berbagai daerah fokus pendaftaran," sebtunya.

Ada tiga agenda besar salah satunya, bagaimana pendapatan daerah bisa optimal di masa pandemi.

Kemudian tambah Ami sapaan akrabnya, kegiatan sekaligus meluncurkan Aplikasi Smart Tax Pekanbaru. Aplikasi ini nantinya, memudahkan masyarakat dalam kepengurusan dan pembayaran pajak.

"Gelaran bisa berlangsung mengingat kasus positif Covid-19 di Pekanbaru telah turun level," sebutnya.***