Ini Delapan Aplikasi Investasi Aman dan Terdaftar OJK

Kamis, 11 November 2021

Ilustrasi investasi.(int)

Jakarta - Generasi muda, jangan sampai ketinggalan untuk investasi yuk! Di era teknologi serba canggih seperti hari ini, investor bisa lebih mudah untuk melakukan investasi loh.

Bahkan ada aplikasi investasi yang sangat ramah untuk pemula. Kamu hanya perlu menyiapkan smartphone dan bisa memulai investasi dengan mudah.

Biar tidak bingung, simak 8 aplikasi investasi saham yang aman, mudah, bisa diunduh melalui Google Playstore atau AppStore dan pastinya terdaftar OJK di bawah ini:

1. Bibit
Bibit adalah aplikasi investasi OJK yang menyediakan pilihan reksadana. Aplikasi ini diterbitkan oleh PT Bibit Tumbuh Bersama. Agar tidak bingung, investasi reksadana berbeda dengan investasi saham.

Reksadana bisa digunakan untuk para pemuda yang baru ingin mencoba untuk investasi dengan modal yang minim. 

Karena, di reksadana Kamu bisa investasi dengan minimal 10 ribu sampai 100 ribu. Dana investasi akan dikelola oleh Manajer Investasi atau MI yang berpengalaman.

Diaplikasi investasi Bibit ini Kamu akan menemukan banyak jenis reksadana seperti reksadana pasar uang, reksadana saham, obligasi dan juga reksadana syariah.

Jika masih bingung, Kamu bisa memanfaatkan fitur AI yaitu Robo Advisor untuk memberikan rekomendasi dari pola investasi berdasarkan penghasilan, level resiko, dan tujuan investasi.

2. Bareksa
Bareksa merupakan aplikasi investasi reksadana yang juga dilengkapi dengan fitur Robo Advisor. Selain reksadana, Bareksa juga menyediakan investasi obligasi.

Melalui aplikasi investasi Bareksa, Kamu bisa melakukan simulasi pergerakan dana dan memperkirakan untung rugi yang akan didapat.

3. Ajaib
Ajaib adalah aplikasi investasi saham yang dinaungi oleh PT Takjub Teknologi Indonesia dan PT Ajaib Sekuritas Asia. Aplikasi investasi ini menyediakan banyak pilihan saham dan reksadana.

Aplikasi Ajaib adalah salah satu rekomendasi aplikasi investasi saham yang ramah bagi pemula. Karena tampilan interfacenya yang mudah dipahami.

4. IPOT
Selanjutnya ada aplikasi IPOT yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi investasi saham, reksadana dan ETF. IPOT adalah aplikasi milik PT Indo Premier Sekuritas yang pastinya sudah terdaftar OJK.

Aplikasi IPOT dilengkapi dengan fitur Robot Trading yang bisa menjalankan instruksi pembelian dan penjualan dengan harga saham yang Kamu inginkan.

5. Stockbit
Aplikasi investasi OJK Stockbit selain menyediakan wadah untuk interaksi jual beli saham juga dilengkapi dengan fitur komunitas. Di sini, Kamu bisa melakukan diskusi bersama para trader lainnya mengenai investasi saham.

6. RTI Business
RTI Business adalah aplikasi saham yang direkomendasikan karena sudah banyak dikenal oleh kalangan investor. Di dalamnya terdapat informasi seputar pergerakan pasar modal .

Selain itu, RTI Business juga dilengkapi dengan informasi income statement, probability, cash flow, balance sheet, earnings dan growth. Kamu bisa menganalisis kinerja perusahaan selama lima tahun terakhir.

7. Tanamduit
Aplikasi Tanamduit bukan hanya menjadi aplikasi investasi saham, melainkan di sini Kamu bisa mulai investasi di surat berharga negara (SBN) dan asuransi daring. Terdapat fitur One View Portofolio untuk membantu pengguna aplikasi Tanamduit untuk memantau pergerakan investasi.

8. BCAS BEST Mobile
BCAS Best Mobile sangat cocok untuk Kamu yang suka bertransaksi di Bursa Efek Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh BCA Sekuritas. BCAS menyediakan fitur Quick Order sehingga wajar jika aplikasi ini disebut-sebut sebagai user friendly. Namun, deposit awal yang harus Kamu miliki cukup tinggi, yakni sebesar Rp3 juta.