Cara Simpel Hidup Bahagia, Perhatikan Lingkungan Pergaulanmu

Selasa, 23 November 2021

int

Jurnalpekan - Terkadang orang terlalu ribet memaknai kebahagiaan. Kebahagiaan dipandang hanya akan terjadi apabila kamu sudah memiliki harta melimpah, keluarga lengkap, dan banyak hal lain. Kebahagiaan jadi seolah-olah bersyarat. Padahal, dalam kondisi apapun, kamu tetap bisa merasakan bahagia. Karena sejatinya, kebahagiaan merupakan keputusan mental. Kendali itu sepenuhnya ada pada kamu, mau merespons dengan negatif atau positif, terhadap keadaan tertentu.

Nah, ternyata ada banyak cara simpel yang dapat kamu lakukan untuk senantiasa diliputi kebahagiaan. Ingin tahu? Berikut ini akan dibahas lebih lanjut!

1. Dikelilingi orang yang positif

Hal yang paling mudah kamu lakukan supaya bisa menjaga tetap bahagia, yakni dengan bergaul atau berinteraksi bersama orang-orang yang positif. Pasalnya, bergaul dengan orang positif, akan memberimu semangat serta harapan ketika kamu dihadapkan pada situasi sulit. Sebaliknya, bila kamu senang bergaul dengan orang yang selalu mengeluh, tukang gosip, dan sifat negatif lain, maka energimu akan terkuras habis. Nggak hanya itu, suasana hatimu pun akan memburuk, sehingga sulit merasa senang. Jadi, tentukan lingkungan pergulan kamu ya.

2. Menjadi percaya diri

Hal sederhana lainnya yakni dengan percaya diri pada apapun yang sedang kamu lakukan. Dengan begitu, kebahagiaan kamu pasti akan timbul dengan sendiri. Kepercayaan diri ini timbul dari mencintai diri sendiri, untuk menerima kekurangan dan kelebihan.

Bila kamu sudah percaya diri, sekalipun gagal nantinya, nggak akan mengurangi kebahagiaan yang kamu miliki. Karena di balik kegagalan itu, ada rasa bangga disebabkan sudah berani mencoba.

3. Melakukan hal yang kamu sukai

Mendengarkan musik sambil rebahan, membaca buku sambil ditemani teh hangat, atau melihat rintik hujan disertai segelas kopi panas, merupakan hal simpel yang sebenarnya sudah bisa membuatmu bahagia, bila mindset kamu benar. Yaitu, dalam hatimu tersimpan rasa syukur dengan segala yang sudah kamu punya.

Bila rasa syukur itu sudah tertanam, maka sekalipun banyak hal yang belum kamu punya, atau kehidupanmu nggak seperti teman-teman mapan lainnya, nggak berpengaruh pada kondisi mentalmu. Kamu tetap bisa hidup bahagia!

Itu dia beberapa cara simpel untuk membuatmu senantiasa bahagia. Minat mencoba?