Tujuh Makanan Penambah Berat Badan Menyehatkan

Jumat, 26 November 2021

Ilustrasi diet dan olahraga.(int)

Jurnalpekan - Makanan penambah berat badan bukanlah suatu hal yang sulit untuk kita temukan. Secara umum, untuk meningkatkan berat badan, kamu perlu menambah konsumsi kalori harian. Tentu saja tetap diiringi dengan memilih makanan yang tepat dan bergizi seimbang.

Dilansir dari The New England Journal of Medicine, faktor gaya hidup dan pola makan berkaitan dengan penambahan berat badan dalam jangka panjang, serta strategi mencegah obesitas.

Berikut tujuh daftar makanan penambah berat badan yang bisa kamu coba dengan mudah.

1. Daging merah

Makanan penambah berat badan satu ini bisa dikatakan yang terbaik, karena daging merah bukan menambah lemah namun menambah massa otot.

Daging merah merupakan daging yang berasal dari kambing, sapi, atau kerbau yang memiliki kandungan protein tinggi.

Pada 100 gr daging sapi berlemak setidaknya mengandung 273 kalori, 22 gram lemak, dan 17,5 gram protein. Namun tentu saja porsi konsumsinya tidak boleh berlebihan, lebih baik jika kamu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

2. Nasi putih

Nasi merupakan sumber karbohidrat paling populer di Indonesia. Pada satu cup nasi, atau setara dengan 158 gram nasi terkandung 44 gram karbohidrat, 204 kalori, dan sejumlah lemak.

Sebagai upaya meningkatkan berat badan, setidaknya konsumsi nasi tiga kali sehari dengan. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan lauk pauk yang mengandung protein.

3. Pasta

Jika kamu cukup bosan mengkonsumsi roti untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, pasta bisa jadi solusi penggantinya.

Dalam 100 gram pasta setidaknya terkandung 139 kalori dan 22,6 gram karbohidrat. Untuk menambah kalori, kamu bisa menambahkan berbagai saus seperti bolognese yang dilengkapi keju.

4. Yoghurt

Makanan probiotik satu ini juga bisa kamu jadikan pilihan untuk menambah berat badan.

Jangan lupa untuk memilih yoghurt dengan kandungan lemak yang tinggi (full fat yoghurt) untuk hasil maksimal. Selain menaikkan berat badan, yoghurt juga baik untuk kesehatan pencernaan.

5. Ikan salmon

Sama halnya dengan daging merah, ikan salmon juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan dan terbukti cukup ampuh menaikkan berat badan.

Pada 6 ons salmon terkandung 350 kalori, 4 gram lemak, dan kandungan omega-3 yang dapat memicu pertumbuhan massa otot.

6. Telur

Makanan yang dikenal dengan kandungan protein tinggi satu ini juga baik untuk meningkatkan berat badan. Selain itu, telur juga mengandung lemak sehat, baik pada bagian putih maupun kuningnya.

Pada 100 gram telur ayam, terdapat 154 kalori, 10,8 gram lemak, 12,4 gram protein, dan 0,7 gram karbohidrat.

7. Roti gandum

Sumber karbohidrat lain yang cukup populer adalah roti gandum. Meski tergolong makanan yang sederhana, namun roti gandum memiliki kandungan kalori yang dibutuhkan tubuh.

Pada setangkup roti tawar, terkandung 138 kalori juga kandungan serat yang tinggi. Tidak seperti roti tawar, roti gandum memiliki kadar gula yang lebih rendah sehingga lebih bagus untuk tubuh.

8. Smoothie

Selain tinggi protein, smoothie  juga kaya akan gizi dan dapat digunakan sebagai salah satu pemicu kenaikan berat badan.

Di samping membeli smoothie kemasan, akan lebih baik jika kamu membuatnya sendiri di rumah. sehingga dapat disesuaikan supaya kandungan gulanya tidak terlalu banyak.

9. Susu

Sebagai pelengkap, jangan lupa tambahkan susu dalam menu penambah berat badan. Kandungan protein, kalsium, lemak, karbohidrat, serta vitamin dalam susu dipercaya bagus untuk pembangun otot dalam tubuh.

Untuk hasil maksimal dalam menambah massa otot, konsumsi susu dengan olahraga angkat berat.