Ini Lima Hal yang Perlu Diketahui soal Pasta Gigi

Senin, 13 Desember 2021

Ilustrasi gigi.(int)

Menggosok gigi merupakan salah satu kebiasaan yang selalu kita lakukan. Namun ternyata masih ada beberapa fakta soal pasta gigi yang belum diketahui orang banyak.

Ini bahkan dari hal kecil seperti jenis seperti apa yang harus kita beli. Hingga informasi seberapa banyak pasta gigi yang digunakan untuk anak-anak.

Berikut lima hal mengenai pasta gigi yang disarankan dokter gigi di RS St Andrew Singapura, drg Tristan Peh dikutip dari Channel News Asia, Minggu (12/12/2021).

1. Pasta Gigi Apa yang Harus Dibeli?

Dia mengatakan setidaknya cari pasta gigi yang mengandung sekitar 1.000 bagian per juta fluoride. Fluoride disebut mampu membantu mencegah dan membalikkan kerusakan gigi.

"Jika ada pembusukan di awal, ini benar-benar membantu remineralisasi (dan) menguatkan permukaan gigi," kata Tristan Peh.

2. Bagaimana Jika Memiliki Gigi Sensitif atau Ingin Diputihkan?

Untuk meredakan gigi sensitif, baiknya mendapatkan pasta gigi dengan potasium nitrat. Sebab tubulus dentin gigi, saluran kecil berongga yang berjalan di bagian dalam tiap gigi lewat lapisan tengahnya, dentin.

Gigi jadi lebih sensitif jika permukaan enamel terkikis dan tubulus dentin terbuka. Kalium nitrat membantu menutupi tubulus, jadi mengurangi sensitivitasnya.

Bagi yang ingin punya gigi putih, pilih pasta gigi mengandung hidrogen peroksida atau karbamid peroksida.

3. Haruskah Sikat Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan?

Menurut Tristan, urutannya tidak terlalu penting. Namun jika menyikat gigi setelah sarapan dan mengonsumsi makanan atau minuman asam seperti kopi akan sangat membantu jika menunggu setengah jam sebelum menyikat gigi.

Selain itu bisa juga dengan membilas mulut sebelum menyikat, karena asam akan melemahkan permukaan gigi. Menyikat gigi bisa mengikis permukaan, ungkapnya.

4. Apakah Tidak Boleh Membilas Setelah Menyikat Gigi?

Hal ini juga tidak terlalu penting. Menurutnya, terserah untuk berkumur atau tidak setelah menyikat gigi.

Dia mengatakan, ada lebih dari satu cara untuk mencegah kerusakan gigi, yakni dengan menyikat gigi dan menggunakan benang gigi dengan baik, menggunakan pasta gigi berfluoride dan membatasi asupan gula.

5. Berapa Banyak Pasta Gigi yang Harus Digunakan Anak?

Untuk anak di bawah 3 tahun, bisa menggunakan pasta hanya dengan ukuran seperti sebutir beras atau olesan pasta gigi. Sementara anak berusia di bawah 8 tahun, gunakan seukuran kacang polong.

Kelompok anak di bawah 8 tahun harus memuntahkan pasta gigi mereka. Sebab, asupan pasta gigi berlebih saat gigi permanen sedang berkembang bisa menyebabkan noda putih pada gigi.