Dampak Positif Pujian, Bisa Beri Perbedaan Besar dalam Hidup

Selasa, 04 Januari 2022

Ilustrasi tepuk tangan.(int)

Jurnalpekan.com - Pujian merupakan pernyataan positif atau kekaguman terhadap seseorang yang bernada jujur dan tulus. Menerima pujian dari seseorang merupakan hal yang menyenangkan untuk didengar.

Banyak orang tidak menyadari akan efek pujian yang diberikan terhadap seseorang. Beberapa orang yang merasa terpuruk dapat merasa lebih baik saat diberikan pujian dari seseorang.

Dilansir dari Brightside.me, berikut bagaimana dampak positif pujian yang bisa membuat perubahan besar dalam hidupmu.

1. Pujian Meningkatkan Suasana Hati

Sama seperti kita yang membutuhkan makanan setiap hari, orang-orang juga membutuhkan pujian setiap hari.

Beberapa penelitian menunjukan orang yang mendapat pujian setiap hari akan merasa seperti mendapatkan kata-kata baik di hari pertamanya. Mereka tidak akan merasa pujian tersebut dipaksakan atau pengaruhnya berkurang.

2. Memuji Karyawan

Gaji memang menjadi alasan terbesar kita bekerja. Namun, banyak orang yang peduli dengan pekerjaannya lebih dari sebuah pekerjaan, seperti refleksi dari kemampuan mereka dan tanggung jawab.

Itulah sebabnya, mendapatkan pujian di lingkungan pekerjaan dapat meringankan stres karyawan. Mereka akan merasa dilihat, diapresiasi, dan diakui.

Ahli saraf menyebutkan bahwa memberikan perhatian pada pencapaian seseorang dapat membawa kegembiraan yang sama dengan mendapatkan gaji.

3. Pujian Harus Tidak Membuat Tidak Nyaman

Seringkali kita memberi pujian yang sebenarnya tidak pantas diucapkan. Kemudian, si penerima akan merasa tidak nyaman. Pujian yang tulus tidak membuat seseorang merasa seperti itu.

Orang-orang mungkin berasumsi bahwa seseorang yang tidak dikenal tidak akan peduli saat dipuji atau merasa tidak nyaman. Kenyataannya, mereka akan merasa lebih baik dan merasa diperhatikan.

4. Pujian Dapat Meningkatkan Ketekunan

Memilih keterampilan baru merupakan suatu hal yang sulit. Kamu akan dihadapkan oleh tantangan dan kegagalan. Hal ini akan mempermudah seseorang untuk menjatuhkan atau membuatmu menyerah.

Pujian dapat menjadi motivator terhebat untuk orang-orang agar tetap maju. Pujian dapat menjadi obat untuk mereka yang putus asa. Ada baiknya jika kamu dapat mengakui kemenangan kecil dan menghargainya.

5. Memberikan Pujian Membuatmu Merasa Lebih Baik

Merasa senang setelah menerima pujian setara dengan rasa senang sesudah berdonasi. Kamu menciptakan interaksi positif dengan seseorang yang kamu puji.
Hal ini dapat meningkatkan suasana hati dan penilaian mereka terhadapmu. kita merasa senang saat membantu orang lain.

Itulah bagaimana dampak positif dari pujian yang membuat perbedaan besar dalam hidupmu. Bagaimana menurutmu.