Ini Tujuh Buah dan Sayur Baik untuk Diet

Kamis, 13 Januari 2022

Ilustrasi apel (int)

Jurnalpekan.com - Menurunkan berat badan tidak harus dilakukan dengan menjalani program diet yang menyiksa. Anda bisa juga meningkatkan konsumsi buah dan sayuran dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan dalam proses penurunan berat badan.

Berikut sejumlah buah dan sayuran yang baik untuk diet:

1. Apel
Apel adalah buah terbaik untuk diet karena mengandung 80-125 kalori. Penelitian dari Obesity Reviews menemukan bahkwa asam ursolat pada kulit apel sangat berguna untuk membakar kalori.

2. Jeruk
Jeruk adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Serabut putih pada jeruk mengandung pektin yang berfungsi mengontrol gula darah.

3. Terong
Terong kaya akan serat dan rendah kalori, menjadikannya sebagai tambahan yang sangat baik untuk setiap program penurunan berat badan. Serat bergerak melalui saluran pencernaan secara perlahan dan dapat meningkatkan rasa kenyang dan kenyang, mengurangi asupan kalori. Selain itu, terong sering digunakan sebagai pengganti bahan berkalori tinggi dan rendah kalori dalam resep.

4. Seledri
Seledri baru-baru ini menjadi bahan populer di kalangan konsumen yang sadar kesehatan. Jus seledri sangat rendah kalori dan mengandung 95% air. Studi menunjukkan bahwa memilih makanan dan minuman dengan kepadatan kalori yang lebih rendah dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak. Seledri juga menjadi sumber antioksidan yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan melawan peradangan.

5. Delima
Menurut satu penelitian pada hewan, delima mencegah kenaikan berat badan pada tikus yang diberi diet tinggi lemak. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah delima dapat membantu mencegah lonjakan gula darah yang dapat menyebabkan peningkatan rasa lapar.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah delima dapat membantu mencegah lonjakan dan penurunan gula darah yang dapat menyebabkan peningkatan rasa lapar.

6. Wortel
Wortel adalah sayuran padat nutrisi, mengandung banyak vitamin A dan karotenoid sehat lainnya. Mengonsumsi wortel juga dapat membantu meningkatkan asupan serat Anda agar selalu terasa kenyang dan membantu mengatur nafsu makan Anda.

7. Berries
Jenis buah berry seperti raspberry dan blueberry memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat tersebut bermanfaat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga membantu tubuh makan lebih sedikit.