Ketum KONI Riau Iskandar Hoesin akan Rangkul seluruh Elemen Olahraga

Selasa, 15 Maret 2022

Musprovlub KONI Riau

PEKANBARU - Iskandar Hoesin terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum KONI Riau, periode 2022-2026. Pemilihan digelar melalui proses Musyawarah Provinsi Luar Bisa (Musprovlub) KONI Riau. Dihadiri langsung oleh Sekretaris Jendeal KONI Pusat, TB Ade Lukman, dan Kadispora Riau, Boby Rahmat, Senin (14/3) di Hotel Aryaduta, Pekanbaru.

Usai ditetapkan sebagai ketua Umum KONI Riau Iskandar menyampaikan, bahwa ia akan merangkul seluruh elemen olahraga baik dari KONI kabupaten kota dan pengurus provinsi cabang olahraga.

Iskandar menganggap proses pemilihan Ketum KONI Riau telah berjalan dengan lancar. Ia tidak membedakan siapapun pendukung, baik dari kubu Kordias maupun dari kubunya sendiri.

“Saya akan merangkul seluruh elemen di olahraga, baik KONI Kabupaten/Kota maupun cabang olahraga. Jadi tak ada lagi yang dukung ini dan yang dukung itu, kompetisinya sudah selesai dan semuanya akan kita rangkul. Untuk menuju prestasi emas olahraga Riau,” ujar Iskandar Hoesin. 

Dijelaskan Iskandar, banyak pekerjaan rumah yang akan diselesaikannya bersama pengurus yang baru. Apalagi Riau akan mempersiapkan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Kabupaten Kuansing.

Ia juga akan segera mendata pembinaan bagi atlet yang telah disiapkan cabor. Jika ada Cabor yang unggulan di daerah, itu tentunya harus dibina secara intensif.

"Bayangkanlah jika 12 kabupaten/kota bisa menjuarai 1 cabor, itukan modal bagi provinsi Riau. Di samping itu provinsi juga harus mendukung. Tak adalagi pemisahan kegiatan yang ada mungkin pemisahan anggaran, kalau KONI Provinsi itu tentu anggarannya dari Pemda Riau, dan KONI Kota Kabupaten anggarannya juga tentu dari Pemko Pemkab," katanya. 

"Jadi ya kita ini bersama menggalang kekuatan untuk mencari sponsorship di perusahaan besar baik swasta maupun pemerintah. Paling tidak ada 1 perusahaan besar yang sebagai bapak angkat cabor apa yang dia bisa seusai dengan kemampuan perusahaannya," tambahnya.

Iskandar Hoesin kembali menyampaikan visi dan misinya kepada seluruh pengurus caretaker KONI Riau, KONI Kabupaten Kota, dan pengurus provinsi cabang olahraga. Di mana visinya terwujudnya KONI Riau sebagai lumbung atlet berprestasi tingkat Nasional, Regional bahkan Internasional. Dengan melibatkan atau mengikutsertakan KONI Kabupaten Kota se Provinsi Riau. Dan beberapa misi di antaranya, melibatkan Pengprov cabor dalam penyusunan anggaran.

“Dan yang paling penting itu, pengelolaanya diserahkan kepada masing masing cabor secara proporsional, berdasarkan potensi dan program kerja serta mengikutsertakan perwakilan KONI kabupaten kota. baik pada kejuaraan single ivent maupun multi ivent tingkat nasional dan internasional, yang pembiayaannya dibebankan kepada anggaran KONI Provinsi,” tambah mantan ketua Umum PSPS Pekanbaru tahun 90 lalu.

Setelah terpilih Iskandar Hoesin bertekat akan menyelesaikan seluruh pengurusnya sebelum bulan Ramadhan. “Insha Allah sebelum Ramadhan, atau tanggal 30 Maret pengurus sudja terbentuk dan segera dilantik,” harapnya.