Berikut Cara Usir Kucing Liar Tanpa Menyakiti

Kamis, 31 Maret 2022

Ilustrasi kucing (int)

Bagi sebagian orang, kehadiran mereka cukup mengganggu. Ada beberapa orang yang memang takut dengan kucing atau bahkan trauma karena pernah dicakar sehingga tidak ingin dekat dengan binatang tersebut.

Nah, untungnya ada beberapa solusi untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan metode-metode sederhana terkait cara mengusir kucing liar tanpa harus menyakiti.

Faktanya, tidak semua kucing bersahabat, apalagi banyak kucing liar yang berpotensi membawa kuman dan bakteri penyebab penyakit. Maka dari itu, Anda perlu menerapkan cara mengusir kucing liar secara tepat tanpa menyakiti dan dilakukan secara kasar.

Namun perlu diingat, jangan mengusir kucing liar secara kasar ya. Lantas, bagaimana cara mengusir kucing liar yang baik dan benar tanpa menyakiti.

1. Membereskan Sumber Makanan

Kucing liar biasanya akan tinggal di tempat yang banyak makanannya. Jika Anda mempunyai kucing peliharaan di rumah, hindari memberi makan kucing Anda di luar ruangan dan tutupi sisa-sisa sampah dengan aman untuk mencegah kucing liar ke sana.

Selain itu, jangan membuang sisa daging ke tumpukan sampah di samping rumah. Anda perlu menjaga kebersihan alat masak Anda untuk menghindari bau yang menggoda kucing liar datang ke rumah Anda.

2. Menebar Aroma yang Tidak Disukai Kucing

Kucing seperti dengan hewan-hewan liar lain seperti tikus hingga kecoa yang tidak menyukai aroma-aroma tertentu.

Berikut ini beberapa aroma yang bisa Anda coba agar kucing liar tidak mendekati Anda. Salah satu keunikannya yaitu aroma ini justru kita sukai karena harum dan wangi. Sehingga tidak masalah saat kita menebarkannya di sekitar rumah.

Aroma-aroma tersebut diantaranya yaitu lemon, cabai dan mentol. Pada dasarnya, kucing tidak menyukai aroma yang menyengat karena terasa menusuk hidung. Aroma cabai bisa membuat mata perih. Sementara mentol, hampir sama seperti lemon, disukai manusia tapi tidak disukai kucing. Aroma mentol bisa didapat balsem, minyak kayu putih, minyak angin, dan bau-bau lain yang mengandung mentol.

3. Menggunakan Kawat Ayam

Tempatkan kawat ayam di atas tanah di beberapa area yang sering dilewati kucing liar. Faktanya, kucing benci untuk berjalan di atas kawat ayam. Suaranya yang berisik dan bisa memecah keheningan sekitar membuat kucing liar kabur.

4. Mandikan Kucing Betina Peliharaan Anda

Jika Anda mempunyai kucing betina, maka cara ini dapat Anda lakukan secara rutin. Kucing liar jantan akan tertarik dengan kucing betina mana pun yang sedang berahi.

Saat Anda memandikan kucing betina, ia cenderung tidak berpotensi menarik perhatian pejantan yang berkeliaran, Betina harus disimpan di dalam ruangan khusus selama siklus panas/berahi mereka.

5. Taruh Tanaman yang Dibenci Kucing

Kucing tidak menyukai beberapa tanaman yang mengeluarkan bau, seperti tanaman coleus canina, rue, lavender, dan pennyroyal. Anda bisa menaruhnya di sekitar halaman rumah, baik disatukan dengan tanaman lain atau dibiarkan berdiri sendiri.

6. Semprotkan Air

Kucing sangat benci disemprot air. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan hal tersebut. Salah satunya bisa dengan menggunakan keran atau pistol air berukuran kecil.

Anda juga bisa memanfaatkan perangkat air sebagai penyiram tanaman di halaman. Caranya yaitu dengan memasang timer otomatis pada jam-jam saat kucing biasanya masuk wilayah rumah. Jika Anda ingin lebih mudah lagi, kini ada teknologi sensor yang langsung menyemprotkan air ketika kucing lewat.

hal tersebut. Salah satunya bisa dengan menggunakan keran atau pistol air berukuran kecil.

Anda juga bisa memanfaatkan perangkat air sebagai penyiram tanaman di halaman. Caranya yaitu dengan memasang timer otomatis pada jam-jam saat kucing biasanya masuk wilayah rumah. Jika Anda ingin lebih mudah lagi, kini ada teknologi sensor yang langsung menyemprotkan air ketika kucing lewat.

7. Buat Tempat Incarannya Tidak Nyaman Ditempati

Kucing biasanya suka melakukan relaksasi. Dengan membuat halaman tidak nyaman, tentunya bisa membuat kucing liar ini enggan untuk mendatanginya. Anda bisa mengisinya dengan petak bunga atau area tempat kucing biasanya bersantai dengan kerikil tajam.

8. Memanfaatkan Perangkat Suara

Cara mengusir kucing ini memang ampuh dan tentunya tidak akan mengganggu manusia. Anda bisa memasang perangkat ultrasonik di sekitar rumah. Alat tersebut bisa mengeluarkan suara yang mengakibatkan kucing akan jengkel mendengarnya, sementara alat itu menyala, manusia tidak akan terganggu karena suara tersebut berada di luar jangkauan kemampuan pendengaran manusia.

Hanya binatang tertentu yang bisa mendengar suara ini, misalnya kucing, anjing, hingga kelelawar. Sensor gerak tersebut bisa mendeteksi keberadaan penyusup dan mengeluarkan suara frekuensi tinggi yang mampu menakuti kucing.

Anda juga bisa membuat perangkat berisik sendiri dengan menempatkan kelereng atau kerikil di kaleng yang kosong agar kucing menjadi marah ketika ia berjalan di pagar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bel yang sensitif atau lonceng angin yang mengeluarkan suara saat kucing menyebabkan getaran.

9. Gunakan Pengusir Kucing Sintetik komersial

Kucing memiliki indera penciuman dan perasa yang sangat tajam. Penolak sintetik tersedia untuk mencegah agar kucing liar datang.

Sudah banyak obat pengusir kucing komersial yang dapat Anda manfaatkan. Biasanya berupa bubuk yang di dalamnya terdapat obat yang mengandung aroma urin binatang pemangsa lain yang ditakuti kucing.

Cara penggunaannya yaitu dengan ditaburkan di sekitar tempat area kucing biasanya berdiam. Beberapa produk obat pengusir kucing ini harus Anda pilih secara seksama. Hal ini dikarenakan ada yang mengandung bahan kimia keras, ada pula yang berbahan organik. Sangat disarankan untuk Anda agar memilih obat pengusir kucing sintetik komersial dengan bahan alami atau organik.

Bagaimanapun juga, jangan sampai kucing liar tersebut sampai sakit bahkan mati di sekitar area rumah Anda akibat terpapar obat yang mengandung zat berbahaya secara intens.

10. Menggunakan Penyiram Sensor Gerak

Cara selanjutnya yaitu Anda bisa memasang sistem penyiram sensor gerak untuk menyemprot kucing liar yang melanggar batas. Alat penyiram ini akan aktif secara otomatis saat ada gerakan lalu menyemprot kucing liar dengan semburan air, yang menyebabkan mereka akan menghindari area tersebut setelahnya.

11. Takuti Dengan Lidi

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengusir hewan liar tanpa menyakiti dan kasar yaitu dengan lidi. Kucing pada umumnya takut dengan benda-benda yang berbentuk pipih, keras, dan panjang. Misalnya seperti timun, irisan bambu, dan sebagainya. Anda cukup menakuti kucing liar dengan mengibaskan lidi saja, tidak perlu sampai memukulnya. Selain gerakan meliuk-liuk, suara yang ditimbulkan akibat kibasan lidi juga ternyata bisa mengganggu ketentraman kucing.