Disdukcapil Bengkalis Rekam Data KTP-el Pelajar di SMA Negeri 2 Siak Kecil Sadar Jaya

Senin, 15 Agustus 2022

BENGKALIS - Dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Bengkalis melaksanakan pelayanan Jemput bola (Jebol) pendaftaran penduduk yakni perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) di SMA Negeri 2, Jalan Sudirman Sadar Jaya, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, belum lama ini.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bengkalis Ismail melalui Ketua Tim Jebol Master di Lapangan Suyatno mengatakan, perekaman ini ditujukan untuk para siswa yang sudah wajib KTP Pemula atau sudah berusia 16 lebih satu hari hingga 17 tahun.

"Disdukcapil terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang ada. Semoga situs web resmi Disdukcapil dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Sadar Jaya Khususnya siswa-siswi SMA N 2," kata Suyatno.

"Kami berharap kritik dan saran yang membangun demi peningkatan pelayanan pada masyarakat memudahkan para siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan untuk persyaratannya siswa cukup hanya membawa KK keluarga yang asli dan copy," tambahnya.

Dalam giat ini Disdukcapil Bengkalis berhasil rekam KTP-el sebanyak 82 orang anak dari 300 siswa yang ada di SMA. Kedepan program Jebol Master terus digencarkan untuk memenuhi cakupan kepemilikan Identitas Kependudukan khususnya bagi seluruh anak didik setingkat SMA di wilayah Kabupaten Bengkalis yang telah berusia 16 tahun lebih satu hari terhitung pelaksanaan perekaman KTP-el.

Setelah perekaman di SMA N 2 Siak Kecil, Jalan Jenderal Sudirman Sadar Jaya akan dilanjutkan ke seluruh SMA dan SMK di Kabupaten Bengkalis.

"Syarat rekam, cukup mudah siswa hanya membawa copy KK. Kemudian bagi siswa yang domisilinya di luar Bengkalis, namun sekolahnya di SMAN 2 Siak Kecil, tetap kita berikan pelayanan melakukan perekaman," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya dalam melakukan perekaman KTP-el yang dilakukan di sekolah juga membatu perekaman KTP-el siswa-siswi yang datanya berasal dari luar Kabupaten Bengkalis seperti dari Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Sumatera Barat (Sumbar) dan Kabupaten Siak. "Bahkan ada siswa yang datanya masih di Sumatera Utara (Sumut).

"Intinya siapapun siswa yang sudah bisa perekaman, tetap kita rekam. Disamping melakukan perekaman KTP-el tim juga melakukan input berkas Kartu Identitas Anak (KIA) untuk kejar target kepemilikan KIA bagi anak-anak di Kabupaten Bengkalis," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA N 2 Siak Kecil Zulpanheri mengatakan, puluhan siswa-siswi untuk jadwal perekaman pemula di sekolah yang ia pimpin antusias mengikuti perekam KTP-el yang dilaksanakan oleh Disdukcapil Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan perekaman KTP-el sekolah cukup efektif untuk menjaring wajib KTP-el pemula. Oleh karenanya kegiatan ini secara konsisten akan dilakukan untuk menjaga target cakupan perekaman KTP-el yang sudah dicapai oleh Disdukcapil Kabupaten Bengkalis.

Ditambahkannya, kegiatan perekaman KTP-el di sekolah tetap mentaati protokol kesehatan dengan tidak ada kerumunan. 

"Terimakasih kepada ketua tim Jebol Master dilapangan yang telah berkolaborasi dan bersinergi dalam memberikan pelayanan perekam KTP-el di sekolah kami," tutupnya.(inf)