Politeknik Bengkalis Turunkan Tim Pengabdian Masyarakat Bantu Bumdes

Ahad, 28 Agustus 2022

BENGKALIS - Politeknik Negeri Bengkalis menurunkan tim pengabdian masyarakat untuk membantu Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Langgam Sako Desa Teluk Latak Kecamatan Bengkalis.

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bengkalis melakukan Pendampingan serta Pembinaan dalam peningkatan kapasitas pengelolaan manajemen dan laporan keuangan kepada BUMDes Langgam Sako Desa Teluk Latak. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh dosen Politeknik Negeri Bengkalis yang merupakan pendanaan PNBP tahun 2022.

Tim pengabdian ini diketuai oleh Nurhazana yang beranggotakan Fachrohfiddin dan Husnul Muttaqin.
Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 22-23 Agustus 2022. Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Bumdes dan anggota-anggota dari Bumdes Desa Teluk Latak.

Nurhazana selaku ketua Pengabdian menjelaskan bahwa pentingnya pengelolaan manajemen dan laporan keuangan dalam menjalankan suatu usaha.

Menurutnya, Pengelolaan keuangan sangat penting bagi stake holder dan informasi keuangan tersebut akan digunakan sebagai penentu sehat atau tidaknya suatu organisasi, dalam hal ini tentunya ditujukan kepada BUMDes Langgam Sako Desa Teluk Latak yang bergerak dibidang usaha industri manufaktur (Usaha Batik).

Senada dengan yang disamapaikan oleh Nurhazana, Direktur Bumdes Langgam Sako yakni Norizal juga menyampaikan bahwa pengelolaan, manajemen dan laporan keuangan yang baik sangat diperlukan untuk tumbuh kembang suatu organisasi.

Beliau juga menyampaikan bahwa ilmu yang diberikan oleh tim pengabdian masyarakat Polbeng sangat bermanfaat bagi pengelolaan dan manajemen dalam menyusun laporan keuangan. Beliau juga menyampaikan.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini Bumdes Langgam Sako dapat membuat Laporan Keuangan yang baik dan benar sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku," harapnya.

Tim Pengabdian masyarakat Polbeng juga memberikan aplikasi pelaporan keuangan dan memberikan pelatihan pengisian data untuk memudahkan Bumdes Desa Teluk Latak dalam melaporkan dari tiap-tiap transaksi hingga memberikan informasi berupa laba/rugi sampai dengan laporan neraca (laporan keuangan lengkap). 

Kemudian dari laporan tersebut dapat dimanfaatkan oleh stake holder untuk mengambil keputusan di dalam organisasi. Terakhir, tim pengabdian juga memberikan masukan terhadap bagian pemasaran Bumdes agar bergabung dan menggunakan media PaDi UMKM milik BUMN yang pangsa pasarnya sebagian besar berasal dari BUMN.

Kegiatan ini disambut baik oleh seluruh peserta Bumdes Langgam Sako Desa Teluk Latak Kecamatan Bengkalis. Peserta sangat antusias dengan kegiatan ini, banyak yang bertanya tentang pengelolaan, pelaporan keuangan hingga pemasaran.

Usai mengikuti pelatihan ini seluruh anggota Bumdes menjadi lebih paham tentang pengelolaan manajemen dan pelaporan keuangan yang baik dan benar. Tim pengabdian berharap agar informasi yang diberikan dapat bermanfaat secara berkelanjutan bagi Bumdes Langgam Sako Desa Teluk Latak hingga menjadi Bumdes yang sukses dan berkembang secara terus menerus.(inf)