Serapan Anggaran OPD Capai 55 Persen

Kamis, 22 September 2022

Muhammad Jamil

PEKANBARU - Serapan anggaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru hingga kini rata-rata telah mencapai 55 persen.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil menyebut, serapan anggaran itu terungkap dalam rapat evaluasi pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022 yang dipimpin Pj Walikota Muflihun, Selasa (20/9/2022).

"Secara keselurahan, serapan keuangan itu 55 persen, itu rata-rata semua OPD. Untuk OPD yang serapan anggarannya masih rendah, langsung ditegur pak Pj," kata Jamil, Rabu (21/9/2022).

Sementara untuk pelaksanaan kegiatan fisik OPD, rata-rata sudah mencapai 70 persen. "Jadi serapan fisik dan keuangan berbeda. Kalau keuangan itu rata-rata 55 persen, tapi kalau fisik rata-rata sudah sampai 70 persen," sebutnya.

Sesuai arahan Pj, untuk kegiatan OPD yang pelaksanaannya masih rendah dan diperkirakan tidak akan selesai tepat waktu agar tidak dilanjutkan.

"Jadi untuk kegiatan yang tidak mungkin dikerjakan lagi tahun ini, itu kita hentikan. Karena ada OPD yang belum sampai 70 persen, ini yang di cut langsung supaya tidak dikerjakan lagi," tutupnya.