Dihelat Sejak 10 Tahun Silam, HiLo Tutup HPDC 2022

Jumat, 10 Maret 2023

HiLo School, susu sumber protein tinggi kalsium, rendah lemak dengan DHA untuk tumbuh keatas menutup rangkaian kegiatan HiLo School Poster Drawing Competition (HPDC) 2022. Melalui program ini, HiLo School berupaya mengembangkan kreativitas dan kemampuan anak-anak sekolah dasar dalam menyampaikan ide, sesuai dengan tema "Misi Menjaga Diri dan Bumi" di Jakarta, belum lama ini.

Bukan sekedar kompetisi menggambar biasa, program ini juga menjadi ajang untuk HiLo School dapat mengedukasi gaya hidup sehat dan hijau kepada peserta, sejalan dengan kampanye Sekolah Sehat dari Kemendikbud-ristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) serta mendukung upaya Sustainable Development Goals (SDGs).

Brand Associate HiLo School Lisa Arianti mengatakan, ini menjadi tahun ke-10 HiLo School menggelar kompetisi menggambar dan tahun ini pihaknya berinovasi dengan mekanisme kompetisi yang berbeda, di mana para peserta dapat menggambar poster berbasis proyek sesuai dengan tema “Misi Menjaga Diri dan Bumi”. Adapun definisi berbasis proyek di sini HiLo School memberikan kebebasan kepada tiap peserta untuk memilih subtema dan menentukan strategi menggambarnya sendiri (free drawing) demi tersampaikannya pesan subtema melalui gambar yang dihasilkan.

"Para peserta diharapkan mampu merefleksikan berbagai pengalaman yang didapat selama mengerjakan hasil karyanya," kata Lisa Arianti.

Lisa menambahkan, terkait dengan anjuran konsumsi makanan minuman bernutrisi, HiLo School senantiasa berupaya menyajikan produk lebih rendah gula, rendah lemak, dan tinggi protein yang mampu mendukung pertumbuhan optimal anak. Saat ini, produk HiLo School juga telah mendapatkan klaim logo Pilihan Lebih Sehat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, yang diharapkan dapat memudahkan orang tua dalam menentukan produk yang lebih sehat dikonsumsi anak-anak.

Dalam pelaksanaan HiLo School Poster Drawing Competition 2022, HiLo School turut menggandeng PiBo, sebuah perpustakaan daring yang dirancang khusus untuk melibatkan anak-anak, menghubungkan keluarga, dan membantu anak-anak belajar melalui cerita, untuk berkolaborasi meluncurkan buku edukasi bertajuk HiLotopia Misi Menjaga Diri dan Bumi, di mana hasil karya pemenang dapat ditemukan sebagai bagian dari ilustrasi buku ini.

Rangkaian roadshow HPDC 2022 berlangsung sejak September hingga Desember 2022 di 187 kota di 28 provinsi di Indonesia dan menjangkau 85.000 anak Indonesia di 270 sekolah untuk tumbuh sehat, cerdas, dan optimal.

Psikolog dari @thelittlewisdom_id Reti Oktania MPsi menjelaskan, terdapat beragam manfaat bagi anak jika diberikan kesempatan untuk menggambar secara bebas (free drawing). Tidak hanya mampu meningkatkan kreativitas, namun anak juga dapat belajar banyak hal, mulai dari belajar sebab-akibat, sarana mengekspresikan diri, meningkatkan kemampuan motorik, hingga memungkinkan anak untuk menuangkan ide dengan lebih dari satu cara.

Adapun proses dan hasil karya anak bermula dari pengalamannya dalam mengenali lingkungan sekitar. Dalam hal ini, orang tua berperan penting untuk mengoptimalkan pengalaman yang positif bagi anak, mulai dari bagaimana menjaga kesejahteraan diri anak termasuk dengan mengkonsumsi makanan minuman bernutrisi, serta menciptakan lingkungan sehat yang berkelanjutan dan aman untuk perkembangan kemandirian anak.

Business Development Director dan Co-Founder PiBo Aisha Habir menyampaikan, PiBo sebagai platform web dengan ratusan buku anak terkurasi yang bisa diakses di mana dan kapan saja, sangat bangga bisa bekerjasama dengan HiLo School yang turut serta memajukan pendidikan di Indonesia melalui buku bacaan berkualitas.

Untuk bisa membaca buku secara daring di PiBo, orang tua hanya perlu mendaftarkan akun keluarga, dimana orang tua dapat menambahkan hingga 3 anak dengan profilnya masing-masing.

"Kami percaya, anak-anak yang memilih buku mereka sendiri akan jauh lebih mungkin menyelesaikan membaca dan menikmatinya. Hal ini mendorong kegemaran membaca yang dapat bertahan seumur hidup. PiBo memang dirancang untuk penjelajahan mandiri anak," kata Aisha Habir.

Selain PiBo, HiLo School juga mendapatkan dukungan dari Mandai Wildlife Group Singapura.

Assistant Vice President Mandai Wildlife Group Fanny Chen mengungkapkan, sebagai organisasi satwa liar, pihaknya mendukung gaya hidup yang sadar akan lingkungan dan hal ini selaras dengan tema kampanye HiLo School yakni Misi Menjaga Diri dan Bumi.

"Melalui HiLo School Poster Drawing Competition kami berharap anak-anak dapat memahami betapa pentingnya melindungi bumi yang kita tinggali ini," kata Fanny Chen.