Lima Cara Paling Ampuh agar Tak Digigit Nyamuk

Senin, 11 September 2023

int

Salah satu yang membuat kesal dengan datangnya musim panas adalah gangguan nyamuk. Nyamuk yang menghisap darah memang menyebabkan rasa gatal, bahkan menyebalkan ketika tengah terbang didekat kuping.

Dimusim panas seperti saat ini, pertumbuhan nyamuk cukup tinggi. MNC Portal Indonesia punya lima langkah ampuh untuk tidur tanpa gangguan nyamuk dimusim panas yang bisa Anda coba di rumah.

Gunakan Kelambu
Pasang kelambu di sekitar tempat tidur Anda. Kelambu adalah penghalang efektif untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam. Pastikan kelambu tersebut menutup rapat dan tidak memiliki lubang kecil yang dapat dilewati oleh nyamuk.

Gunakan Repellent Nyamuk
Gunakan losion atau semprotan anti nyamuk yang mengandung DEET atau bahan aktif lain. Oleskan repellent ini pada tubuh Anda sebelum tidur, terutama pada bagian-bagian terbuka seperti tangan dan kaki. Anda juga dapat menggunakan lilin nyamuk atau alat elektrik yang melepaskan bau tidak disukai nyamuk.

Jaga Kebersihan Lingkungan
Pastikan kamar tidur bersih dan rapi. Nyamuk seringkali berkumpul ditempat-tempat yang lembab dan kotor. Selalu tutup bak mandi dan tempat pembuangan air yang mungkin menjadi tempat berkumpulnya nyamuk.

Hindari Cahaya Terang
Nyamuk tertarik pada cahaya terang, jadi hindari menggunakan lampu terang di dekat tempat tidur Anda. Gunakan lampu tidur yang lembut atau lilin aromaterapi sebagai alternatif. Ini tidak hanya membantu mengusir nyamuk tetapi juga menciptakan lingkungan tidur yang lebih tenang.

Gunakan Kipas Angin
Menyalakan kipas angin dikamar tidur dapat membantu mencegah nyamuk mendekat. Kipas angin menciptakan aliran udara yang membuatnya sulit bagi nyamuk untuk terbang atau mendekat ke tempat tidur Anda.