Gelar Grand Safety, PT KPI Unit Dumai Fokus Keamanan dan Kinerja Lingkungan

Sabtu, 04 November 2023

Dumai - Dalam rangka meningkatkan kesadaran pekerja dan mitra kerja akan pentingnya aspek safety dan lingkungan pada kegiatan Plant Stop, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai gelar Grand Safety Talk, dihalaman Main Office, Jumat (3/11/2023).

Pelaksanaan Plant Stop Changed Out Catalyst (COC) yang dilaksanakan PT KPI Unit Dumai ini merupakan pekerjaan yang dilakukan secara berkala dimana hanya dapat dikerjakan saat unit berhenti beroperasi.

General Manager (GM) PT KPI Unit Dumai, Didik Subagyo, menjelaskan bahwa tujuan Plant Stop COC tahun 2023 ini adalah mengembalikan kondisi peralatan dari aspek mechanical integrity dan process integrity sehingga dapat kembali beroperasi sesuai kapasitas desain dengan efisien, andal dan aman.

"Hal ini juga sejalan dengan upaya modernisasi peralatan kilang dan mendukung pengembangan bisnis dan aspek keselamatan serta lingkungan (HSSE) di PT KPI Unit Dumai," sebutnya.

Untuk memastikan keselamatan selama pelaksanaan Plant Stop COC Tahun 2023, diadakan Grand Safety Talk yang melibatkan seluruh perwira dan pertiwi Refinery Unit II Dumai yang terlibat dalam proyek ini.

Pada kesempatan tersebut, diingatkan kepada semua pihak untuk berkomitmen terhadap aspek HSSE dalam setiap aktivitas pekerjaan selama Plant Stop. Pentingnya menerapkan prinsip 12 Corporate Life Saving Rules (CLSR) dan HSSE Golden Rules Pertamina yaitu Patuh, Intervensi, dan Peduli juga ditekankan.

Diharapkan melalui Grand Safety Talk ini, seluruh pekerja dan mitra kerja dapat meningkatkan kinerja HSSE Excellence dengan fokus pada zero accident, pencegahan penyakit akibat kerja, serta pengurangan dampak terhadap lingkungan.

"Hal ini sesuai dengan visi PT KPI Unit Dumai untuk menjadi kilang minyak dan petrokimia yang berbasis ramah lingkungan dan kompetitif secara global pada tahun 2028," ujarnya.

Seluruh peserta diingatkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan memastikan keamanan dalam setiap tindakan. Dengan semangat One Team One Goal, diharapkan pelaksanaan Plant Stop COC 2023 dapat mencapai _zero accident, on quality, on schedule_ dan _on budget._

"Ingatlah, keluarga selalu menanti kepulangan dengan selamat dan sehat," tutup Didik Subagyo.

Kegiatan Grand Safety Talk dalam rangka Plant Stop COC 2023 ini dihadiri oleh segenap tim manajemen, section head, serta seluruh pekerja, mitra kerja, dan kontraktor yang terlibat langsung dalam pelaksanaan tersebut.

Pada gelaran tersebut dilaksanakan pula penyerahan simbolis Surat Izin Kerja Aman (SIKA) sebagai salah satu syarat pelaksanaan pekerjaan dari Senior Manager Operation & Manufacturing (SMOM) kepada Manager Maintenance Execution. Selain itu diserahkan pula secara simbolis Alat Pelindung Diri (APD) dari GM ke Pewakilan Kontraktor, Pekerja, dan Safety Man.

Pada kesempatan sebelumnya, Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, telah menyebutkan bahwa Plant Stop COC kali ini meliputi beberapa bagian di unit kilang, seperti Hydrocraker Unit (HCU), Delayed Cooking Unit (DCU), H2 Plant, Naphta Rerun Unit (NRU), Unit Platforming, serta Unit Distillate Hydrotreating Unit (DHDT).