Capella Honda Riau Gelar Skil Competition Antar Perusahaan

Selasa, 21 November 2023

PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Riau, menggelar Skill Competition Regional Riau 2023, belum lama ini. Ajang kompetisi dilaksanakan di Honda Safety Riding Center Capella Riau Jalan Garuda Sakti Kilometer 11, dengan total peserta 40 orang dari sejumlah perusahaan.

Kompetisi ini merupakan ajang yang pertama kali diadakan dengan peserta dari perwakilan setiap perusahaan yang sudah bekerjasama dengan Honda dalam mengadakan pelatihan keselamatan berkendara roda dua untuk karyawan.

Tujuan kompetisi untuk mengukur dan mengkalibrasi pengetahuan, kemampuan dan etika berkendara aman peserta sesuai dengan standar keselamatan safety riding Honda.

Kompetisi ini dibagi menjadi dua sesi, sesi teori dan sesi skil berkendara. Untuk sesi teori, peserta akan diuji pengetahuannya bagaimana berkendara dengan aman hingga pengetahuan umum terkait perundang-undangan lalu lintas yang berlaku.

Untuk sesi berkendara, peserta diuji bagaimana etika dan teknik saat berkendara dimulai dari penggunaan perlengkapan berkendara, postur berkendara, prediksi bahaya saat dipersimpangan dan etika pada saat berbelok.

"Semua dikemas dalam ajang #Cari_Aman skil Competition Regional Riau 2023," kata Safety Riding Instruktur PT CDN Arif Rahman Hakim dalam rilis Honda, Selasa (21/11/2023).

Salah satu peserta dari PT Sumatera Riang Lestari, Gloria Pratiwi Manalu mengucapkan terimakasih PT CDN yang sudah mengundang pihaknya untuk mengikuti ajang #Cari_Aman skil Competition Regional Riau 2023.

"Kompetisi ini sangat menarik. Soal ujian teori yang diberikan diluar prediksi. Bukan hanya terkait aturan berlalu lintas, terdapat juga soal yang mengasah kemampuan kita bagaimana prediksi bahaya saat di jalan," kata Gloria.

Ia menyebut, sesi skil berkendara sangat menantang setiap persimpangan yang sudah diset panitia terdapat banyak jebakan yang menguji prilaku berkendara seperti postur tubuh, etika saat berbelok, etika saat menyalip kendaraan dan pastinya safety check yang harus dilakukan peserta disetiap persimpangan. Semoga ajang ini berlanjut untuk tahun berikutnya.

"Ajang kompetisi ini dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori sport untuk peserta pria dan kategori matic untuk peserta wanita. Dikategori sport peserta menggunakan sepeda motor type sport Honda CB150X dan kategori matic menggunakan sepeda motor type matic Honda Vario160," sebutnya.

Sebelum penilaian peserta diwajibkan menggunakan perlengkapan berkendara yang sudah disiapkan panitia. Hujan deras sesaat yang mengguyur lokasi Honda Safety Riding Center Capella Riau tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti ajang kompetisi ini.

Persaingan antar peserta sangat ketat, terlihat dari total point peserta yang tidak terlalu jauh selisihnya. Tepat pukul 15.00 wib, panitia akhirnya memberikan pengumuman hasil kompetisi yang dinantikan para peserta.

Untuk kategori sport juara 1 Juan Lewis dari PT Sumatera Dinamika Utama, juara 2 Marcelis Erwin dari PT BuL, dan Juara 3 Hotmartua Purba dari CV Bhakti Praja Mulia.

Untuk kategori Matic juara 1 Agnes Yolanda dari PT Perkasa Agung Lestari juara 2 Elmersillia Sylvia dari PT Sumatera Dinamika Utama dan juara 3 Gloria Pratiwi Manalu dari PT Sumatera Riang Lestari.

Sales Dept Head Jonny Winata mengucapkan terimakasih bagi perusahaan yang telah mengirimkan peserta untuk berpartisipasi diajang #Cari_Aman skil Competition Regional Riau 2023.

"Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen kami untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dalam hal budaya aman berkendara. Selamat kepada para juara, dan terimakasih kami ucapkan kepada peserta yang sudah berpartisipasi dalam ajang kompetisi ini," sebutnya.

Ia mengajak masyarakat mewujudkan budaya berkendara yang aman dengan selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara.