Tiga Bahan Alami Turunkan Kadar Kolesterol, Semua Ada di Dapur

Jumat, 08 Desember 2023

Kolesterol adalah senyawa lemak yang perlu dikontrol kadarnya. Sebab, kadar low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat yang tinggi dapat memicu berbagai masalah penyakit, seperti risiko penyakit jantung, stroke, hingga memburuknya sirkulasi darah.

Umumnya, kadar kolesterol yang tinggi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh, kurang aktivitas fisik, obesitas, merokok, mengonsumsi alkohol, hingga pola makan yang kurang baik.

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), nilai normal kolesterol dalam tubuh adalah kurang dari 200 mg/dL. Maka dari itu, penting bagi setiap individu untuk mengontrol kadar kolesterol agar tidak memicu dampak yang fatal.

Salah satu cara untuk mengontrol sekaligus menurunkan kadar kolesterol adalah mengonsumsi ramuan dari bahan-bahan alami. Apa saja? Berikut rangkumannya, dikutip dari berbagai sumber.

1. Bawang Putih
Sejumlah studi menemukan bahwa senyawa alicin yang terkandung di dalam bawang putih bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Hal ini terjadi karena senyawa alicin mengandung sulfur yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Melansir dari Very Well Health, mengonsumsi sekitar 300 mg bubuk dalam tablet atau sekitar satu hingga dua siung bawang putih mentah per hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Namun, beberapa penelitian menemukan bahwa terlalu banyak mengonsumsi bawang putih, yakni di atas 0,25 gram dari berat badan dapat memicu masalah liver.

2. Biji Ketumbar
Ketumbar terkenal mengandung antioksidan tinggi yang dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, ketumbar juga mengandung asam folat, vitamin A, vitamin C, dan beta-karoten yang dibutuhkan oleh tubuh.

Melalui kemampuan menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik, ketumbar turut dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Adapun, salah satu cara untuk mengonsumsi ketumbar demi menjaga kadar kolesteol adalah merebus satu sendok teh ketumbar selama dua menit dan minum air saringannya.

3. Kunyit
Melansir dari Times of India, mengonsumsi satu gelas susu kunyit hangat di malam hari dapat menurunkan kadar LDL alias kolesterol jahat. Jika tak suka susu, Anda bisa minum air kunyit sebagai alternatif.

Menurut studi yang dipublikasikan PubMed Central, senyawa kurkumin dalam kunyit mampu menurunkan kadar LDL dan trigliseridam.

Trigliserida, salah satu jenis lemak yang mengalir di dalam darah dan berfungsi untuk menyimpan kalori dan menyediakan energi untuk tubuh. Namun, kadar trigliserida yang berlebihan dapat memicu berbagai masalah kesehatan.