BI Riau Siapkan Rp6,031 Triliun untuk Ramadan dan Idulfitri

Kamis, 21 Maret 2024

Pelepasan mobil kas keliling uang kertas baru di halaman kantor Bank Indonesia, Rabu (20/3/2024).

PEKANBARU - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau pada Ramadan dan Idulfitri 2024 ini menyediakan uang rupiah baru Rp6,031 triliun. Angka ini naik sebesar 14 persen dari 2023 yang berjumlah Rp5,3 triliun.

Kepala Kantor Bamk Indonesia Perwakilan Riau Panji Ahmad memastikan, uang kartal untuk masyarakat pada Ramadan dan Idulfitri 2024 ini dapat terpenuhi baik secara jumlah maupun pecahan.

"Bank Indonesia telah menyiapkan Rp6,031 triliun uang baru untuk masyarakat Riau," kata Panji saat Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (Serambi) 2024 di Halaman Kantor Bank Indonesia, Rabu (20/3/2024).

Hadir saat tersebut Gubernur Riau diwakili Asisten III Setdaprov Riau Elly Wardani, Kepala PLT OJK Riau Endang Nuryadin, Staf Ahli Setdako Pekanbaru Mahyudin, Irwasda Polda Riau Kombes Pol Hermansyah serta pimpinan perbankan di Riau.

Dijelaskan Panji, salah satu tugas Bank Indonesia menjamin ketersediaan uang rupiah dalam jumlah yang cukup dan layak edar bagi masyarakat.

"Tentunya ada 3 hal yang ingin kita capai pertama terpenuhi nya uang kertas, tersedianya layanan kas baik di kantor perbankan ataupun mobil keliling, dan edukasi serta komunikasi Cinta Bangga Rupiah dan QRIS kepada masyarakat Riau.

"Lakukan penukaran uang pecahan kecil (UPK) di tempat resmi guna menghindari peredaran uang palsu dan biaya tambahan," kata Panji.

Masyarakat bisa menukar Uang Rupiah baru hingga 5 April 2024 di seluruh unit atau cabang perbankan, layanan kas keliling BI Riau atau layanan penukaran uang bersama.

"Rencananya, jadwal penukaran uang bersama oleh BI dan perbankan akan dilakukan di halaman samping Kantor Bank Indonesia Riau, pada 25-27 Maret 2024," katanya.

Sementara itu, Polda Riau menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah. Ada 9.000 personil yang tersebar di 12 Kabupaten/Kota. Masyarakat diminta untuk tetap waspada, terhadap aksi kriminalitas.

"Masyarakat yang membutuhkan pengamanan dari kepolisian saat membawa uang rupiah dalam jumlah banyak silahkan lapor polisi gratis tanpa biaya," kata Irwasda Polda Riau Kombes Pol Hermansyah.